Penggunaan mind map (peta pikiran) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Bareng 5 Malang / Oktoyuana Hardian Perwitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan mind map (peta pikiran) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Bareng 5 Malang / Oktoyuana Hardian Perwitasari

Perwitasari, Oktoyuana Hardian (2011) Penggunaan mind map (peta pikiran) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Bareng 5 Malang / Oktoyuana Hardian Perwitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Mind map pembelajaran IPA Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Bareng V Malang khususnya di kelas V dalam pembelajaran IPA ditemukan data dan bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam proses belajar. Siswa mengalami kesulitan dalam proses penerimaan penyimpanan dan penggalian kembali informasi yang telah didapat. Oleh karena itu pembelajaran hendaknya berbasis otak yang utuh agar dapat membiarkan belahan otak kiri yang analisis dan berorientasi pada detail untuk bekerja secara selaras dengan belahan otak kanan yang imajinatif. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah Mind Map yaitu suatu teknik mencatat yang didasari oleh teori-teori kerja otak sebelah kanan dan sebelah kiri dalam memahami mengatur mengorganisasi dan menyimpan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan Mind Map pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Bareng 5 Malang (2) mendeskripsikan penerapan Mind Map untuk meningkatkan aktivitas pada pembelajaran IPA kelas V SDN Bareng 5 Malang (3) mendeskripsikan penerapan Mind Map untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN Bareng 5 Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis Taggart. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang dengan jumlah siswa 28 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata refleksi awal ke siklus I sebesar 42 1% dari siklus I ke siklus II sebesar 26 7% dengan ketuntasan belajar 75%. Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 64 2 pada siklus I menjadi 74 4 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 13 7%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang. Bagi guru diharapkan teknik Mind Map ini dijadikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peniliti lanjutan diharapkan penelitian ini dapat ditindaklanjuti dengan adanya pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103720

Actions (login required)

View Item View Item