Rakhman, Septi Anjarsari (2011) Penerapan pengelolaan kelas model meja kelompok formasi corak tim untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Arjosari 1 Kabupaten Pasuruan / Septi Anjarsari Rakhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengelolaan kelas Meja kelompok Formasi corak tim Hasil belajar IPA. Pengaturan kelas merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi lapangan hasil belajar IPA di kelas 4 SDN Arjosari I masih belum memenuhi SKM. Upaya pengelolaan kelas menggunakan model meja kelompok dengan formasi corak tim merupakan alternatif pemecahan masalah yang terjadi di kelas 4 SDN Arjosari I Kabupaten Pasuruan. Penerapan pengelolaan kelas meja kelompok dengan formasi corak tim adalah susunan meja-kursi yang memungkinkan siswa-siswa dapat saling berinteraksi dan memberi kenyamanan dan keleluasaan untuk terjadinya mobilitas pergerakan dalam melakukan aktivitas belajar. Kelebihan dari pengaturan kelas model pembelajaran meja kelompok dengan formasi corak tim memungkinkan kegiatan pembelajaran lebih aktif dan siswa bisa melakukan diskusi dengan nyaman. Keadaan kelas semakin terkesan luas karena siswa bisa bergerak bebas. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pembelajaran IPA setelah diterapkan pengelolaan kelas model meja kelompok pada siswa kelas 4 SDN Arjosari I Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pengamatan atau observasi. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap siklusnya dilakukan dengan cara melakukan tes dan pengamatan kegiatan pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus prosentase Berdasarkan hasil penelitian tindakan siklus I dengan menerapkan pengelolaan kelas model meja kelompok formasi corak tim dalam pembelajaran IPA tentang energi panas dan bunyi dapat diketahui bahwa rata-rata nilai kelas sebesar 67 5 . Nilai tersebut belum mencapai standar ketuntasan minimal belajar . Terdapat 11 siswa yang telah memenuhi ketuntasan belajar individu dan sebanyak 9 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan melaksanakan refleksi pada siklus sebelumnya dilaksanakan tindakan siklus II pada termemuan I rata-rata kelas meningkat menjadi 84 5 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85 % sehingga dapat dinyatakan bahwa pada siklus II ini siswa kelas 4 di SDN Arjosari I Kabupaten Pasuruan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal namun masih ada 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar secara individual. Oleh karena itu peneliti masih melaksanakan pertemuan ke dua pada siklus II. Dari hasil tindakan pada siklus II prtemuan II dapat diketahui bahwa rata-rata nilai kelas sebesar 85 Nilai 85 sudah memenuhi standar nilai ketuntasan minimal belajar. Terdapat 19 siswa yang tuntas belajar dan ada 1 siswa yang tidak tuntas belajar. Kesimpulannya adalah penerapan pengelolaan kelas meja kelompok corak tim mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 di SDN Arjosari I Kabupaten Pasuruan. Peneliti ingin mengemukakan saran yang diharapkan dapat menjadi rekomendasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SD khususnya pada mata pelajaran IPA. Bagi guru SD Disarankan agar dalam mengelola kelas hendaknya menggunakan model meja kelompok dengan formasi corak tim agar hasil belajar siswa dapat meningkat.Bagi Sekolah Dasar Penilitian ini agar digunakan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan cara mengatur manajemen kelas yang menggunakan berbagai model pembelajaran metode dan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |