Pengaruh penggunaan media komik strip terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 di SDN Purwodadi I Malang / Apristalya Yessa Dewanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media komik strip terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 di SDN Purwodadi I Malang / Apristalya Yessa Dewanti

Dewanti, Apristalya Yessa (2011) Pengaruh penggunaan media komik strip terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 di SDN Purwodadi I Malang / Apristalya Yessa Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengaruh media komik strip hasil belajar IPA SD Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya diperoleh data nilai rata-rata nilai untuk kelas 5A yaitu 77 96 dan rata-rata nilai untuk kelas 5B yaitu 77 7. Rata-rata nilai kedua kelas ini memang sudah melebihi Standar Ketuntasan Minimal yaitu 75. Akan tetapi masih ada siswa dari masing- masing kelas yang belum tuntas secara individu yaitu 10-15 siswa. Selain itu dalam penggunaan media dalam pembelajaran IPA masih kurang maksimal. Juga pada saat pembelajaran siswa kurang memanipulasi media secara personal guru yang lebih dominan menggunakan media untuk menjelaskan materi yang diajarkan. Dengan penjelasan tersebut peneliti berasumsi bahwa media komik strip ini dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas 5A pada materi Air dan Kegunaannya dengan menggunakan media komik strip di SDN Purwodadi I Malang (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas 5B pada materi Air dan Kegunaannya yang tidak menggunakan media komik strip (3) Mengetahui pengaruh penggunaan media komik strip terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 di SDN Purwodadi I Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 SDN Purwodadi I Malang dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas 5A sebagai kelompok eksperimen dan kelas 5B sebagai kelompok kontrol yang diperoleh secara purposive sampling. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini ternyata ada pengaruh penggunaan media komik stripterhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 di SDN Purwodadi 1 Malang. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan media komik strip lebih baik dari hasil belajar IPA siswa tanpa menggunakan media komik strip. Nilai rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen 87 679 sedangkan kelompok kontrol 68 704. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA pada materi Air dan Kegunaannya pada siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan media komik strip dengan siswa yang tidak menggunakan media komik strip. Disarankan bagi (1) guru hendaknya menggunakan media komik strip sebagai salah satu media alternatif dalam pembelajaran IPA (2) sekolah dapat memanfaatkan media komik sebagai penunjang pembelajaran (3) peneliti lain dapat menindaklanjuti dalam penelitan pengembangan dan eksperimental media yang sejenis pada materi-materi pembelajaran yang relevan agar ditemukan sumber belajar yang lebih variatif menarik dan memudahkan siswa dalam belajar (4) lembaga PSGD dapat digunakan sebagai informasi atau bahan kajian mahasiswa lain jurusan PGSD yang melakukan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103716

Actions (login required)

View Item View Item