Wiyantiningsih, Maya (2011) Pengembangan sikap moral dalam pembelajaran PKn melalui values investment approach (VIA) pada siswa kelas VA MI Miftahul Huda Sukolilo Jabung Kabupaten Malang / Maya Wiyantiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Values Investment Approach (VIA) sikap moral pembelajaran PKn SD. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru PKn di kelas VA MI Miftahul Huda Sukolilo Jabung Kabupaten Malang terdapat permasalahan tingkah laku siswa seperti malas tidak dapat mengendalikan diri kurang menghargai orang tua berkata kotor suka membantah bertengkar dengan teman dan berbohong. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan Values Invesment Approach (VIA) (2) mendeskripsikan dampak penerapan Values Invesment Approach (VIA) terhadap sikap moral siswa kelas VA MI Miftahul Huda Sukolilo Jabung Kabupaten Malang. Values Invesment Approach (VIA) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang secara sistematis membantu siswa untuk menjelaskan isu-isu nilai melalui kegiatan kognitif dan afektif yang membutuhkan keputusan tindakan secara periodik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Sukolilo Jabung Kabupaten Malang dengan subyek siswa kelas VA yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data sikap moral menggunakan angket sikap moral dan lembar observasi aspek afektif serta cerita penalaran moral. Pembelajaran tipe Values Invesment Approach (VIA) terdiri dari beberapa strategi yaitu (1) rituals (2) constructions (3) dilema moral (4) simulasi (5) paper and pencil test (6) tes skala sikap (7) kertas penelitian (8) catatan pribadi dan biografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap moral siswa setelah penerapan dengan Values Invesment Approach (VIA) meningkat dari siklus I ke siklus II baik dilihat dari angket tindakan maupun lembar observasi. Berdasarkan angket skap moral siklus I persentase skor klasikal adalah 69 28% dengan kategori baik. Pada siklus II meningkat menjadi 76 67% dengan kategori baik. Berdasarkan lembar observasi aspek afektif pada siklus I rata-ratanya 19 7 dan pada siklus II rata-ratanya 24 5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Values Invesment Approach (VIA) dapat mengembangkan sikap moral siswa kelas VA MI Miftahul Huda Sukolilo Jabung Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menerapkan Values Invesment Approach (VIA) dengan penelitian tindakan kelas agar dapat mengembangkan sikap moral siswa. Bagi penelitian lanjutan agar menggunakan teknik dalam constructions rituals simulasi dan paper and pencil test disesuaikan dengan pokok bahasan pada mata pelajaran. Karena teknik-teknik pada Values Investment Approach (VIA) dapat menciptakan ketertarikan siswa pada mata pelajaran dan mengembangkan sikap moral siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103715 |
Actions (login required)
View Item |