Penerapan model sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang / Dita Ayu Putri Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang / Dita Ayu Putri Permatasari

Permatasari, Dita Ayu Putri (2011) Penerapan model sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang / Dita Ayu Putri Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sains Teknologi Masyarakat Pembelajaran IPA Sains Teknologi Masyarakat merupakan inovasi pembelajaran sains yang berorientasi bahwa sains sebagai bidang ilmu yang tidak terpisahkan dari realitas kehidupan masyarakat sehari-hari dan melibatkan siswa secara aktif dalam mempelajari konsep sains yang terkait. Pada observasi awal di SDN Tanjung Rejo 2 Malang yang dilakukan pada tanggal 16 Februari 2011 bahwa pembelajaran yang sering dilakukan adalah ceramah. Saat pembelajaran berlangsung siswa masih kurang aktif menjawab dan belum berani mengungkapkan pendapat tentang materi. Rerata hasil belajar siswa yaitu 62 81 sedangkan kriteria ketuntasan belajar sebesar 53 12%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (80%). Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Setiap pertemuan dalam pembelajaran terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjung Rejo 2 Malang dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model Sains teknologi Masyarakat pada siklus I memperoleh rata-rata yaitu 86 dan meningkat pada siklus II menjadi 95. Aktivitas siswa mengalami peningkatan. Aktivitas yang dilakukan siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 76 dan meningkat menjadi 82 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Rerata hasil belajar pada siklus I yaitu 77 dan pada siklus II yaitu 86. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjung Rejo 2 Malang. Untuk itu disarankan agar guru menerapkan model Sains Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran IPA. Khususnya pada materi sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103714

Actions (login required)

View Item View Item