Putri, Ayu Artika (2011) Penerapan metode karya wisata untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan kunjungan siswa kelas VA SDN Ketawanggede I / Ayu Artika Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kemampuan Menulis Metode Karya wisata Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VA SDN Ketawanggede 1 pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan wawancara dengan guru kelas VA SDN Ketawanggede 1 dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di antaranya adalah siswa cenderung pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa juga kesulitan dalam menulis laporan pengamatan/kunjungan. Selain itu metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan kunjunagn siswa kelas VA di SDN Ketawanggede 1 dengan menggunakan metode karya wisata (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis laporan kunjungan siswa kelas VA SDN Ketawanggede 1 dengan menggunakan metode karya wisata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa 1) lembar observasi 2) soal tes 3) pedoman wawancara. Seorang siswa dinyatakan tuntas belajarnya apabila telah mencapai skor 70. Pelaksanaan pembelajaran dibagi dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan dan observasi (c) refleksi (d) revisi. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri Ketawanggede 1. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dilihat dari proses pembelajaran pada pra tindakan nilai rata-rata siswa 61 6% pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 68 08 % sedangkan pelaksanaan siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 70 16 dan siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa mencapai 72 8 % dan pada siklus II pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 78 6 %. Kesimpulan (1) penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan kunjungan siswa dalam belajar sehingga siswa tidak hanya duduk diam dan mendengar namun siswa yang melakukan kegiatan belajar dan guru bertindak sebagai pengajar dan pembimbing (2) penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok menulis laporan pengamtan/kunjungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |