Penggunaan saringan eratosthenes untuk meningkatkan hasil belajar bilangan prima di kelas IV SDN Bareng V Kota Malang / Tutik Hariati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan saringan eratosthenes untuk meningkatkan hasil belajar bilangan prima di kelas IV SDN Bareng V Kota Malang / Tutik Hariati

Hariati, Tutik (2011) Penggunaan saringan eratosthenes untuk meningkatkan hasil belajar bilangan prima di kelas IV SDN Bareng V Kota Malang / Tutik Hariati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Saringan Eratosthenes bilangan prima hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi peneliti tanggal 04 Februari 2011 diketahui bahwa siswa kelas IV SDN Bareng V Kota Malang masih mengalami kesulitan memahami bilangan prima. Dalam menerima pembelajaran matematika siswa sulit memahami konsep bilangan prima yang diberikan sehingga siswa cepat lupa dan berakibat hasil belajar rendah. Saringan Eratosthenes adalah suatu cara untuk menemukan semua bilangan prima antara 1 dan n. Saringan ini ditemukan oleh Eratosthenes seorang ilmuwan Yunani kuno. Bilangan prima adalah bilangan asli yang hanya mempunyai 2 faktor yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rincian pelaksanaannya pratindakan dua kali siklus 1 tiga kali pertemuan siklus 2 dua kali pertemuan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dibagi dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN Bareng V Kota Malang yang berjumlah 22 yang terdiri dari 9 perempuan dan13 laki-laki. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan saringan Eratosthenes untuk meningkatkan hasil belajar bilangan prima di kelas IV SDN Bareng V kota Malang (2) mendeskripsikan Saringan Eratosthenes dapat meningkatkan hasil belajar bilangan prima di kelas IV SDN Bareng V kota Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pedoman wawancara lembar evaluasi (tes) pedoman observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dan indikator keberhasilan dalam PTK ini yaitu bila ketuntasan 70% secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Saringan Eratosthenes yaitu dengan nilai rata-rata kelas pratindakan 48 5% meningkat menjadi 64 40 pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 86 25% pada siklus 2. Pada proses belajar mengajar hendaknya guru harus mampu membangkitkan semangat siswa agar benar-benar tertarik dan senang dalam belajar. Membimbing siswa dalam menggunakan Saringan Erastothenes. Saringan Erastothenes digunakan jika siswa sudah mampu fakta dasar perkalian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103711

Actions (login required)

View Item View Item