Hubungan antara cara belajar, fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ratri Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara cara belajar, fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ratri Novita Sari

Sari, Ratri Novita (2011) Hubungan antara cara belajar, fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ratri Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci cara belajar fasilitas belajar bimbingan belajar prestasi belajar SD. Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Siswa dikatakan berhasil dalam proses belajar apabila telah mengalami perubahan-perubahan yang positif setelah menjalani proses belajar tersebut. Prestasi belajar merupakan salah satu bukti yang menunjukkan kemampuan atau keberhasilan seseorang yang melakukan proses belajar sesuai dengan bobot/nilai yang berhasil diraihnya. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain cara belajar fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner (angket). Analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan teknik analisis korelasi tata jenjang atau rank spearman . Berdasarkan analisis data diperoleh hasil (1) korelasi antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 0 907 ttabel 0 508 sehingga hi diterima dan ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan prestasi belajar (2) korelasi antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 0 721 ttabel 0 508 sehingga hi diterima dan ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar (3) korelasi antara bimbingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 0 759 ttabel 0 508 sehingga hi diterima dan ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa hendaknya mengetahui dan menerapkan cara belajar yang baik orang tua menyediakan fasilitas belajar yang memadai dan dapat menunjang kegiatan belajar serta memberikan bimbingan belajar kepada anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103710

Actions (login required)

View Item View Item