Jayanti, Emi (2011) Pemetaan skripsi mahasiswa program studi S1 PGSD kerjasama Jurusan KSDP FIP UM periode lulusan 2008-2010 / Emi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemetaan skripsi S1 PGSD kerjasama Penulisan skripsi memiliki peranan penting bagi pengembangan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan memetakan skripsi mahasiswa program studi S1 PGSD jalur kerjasama periode lulusan 2008 2010 ditinjau dari pilihan bidang studi strategi/model pembelajaran yang dipilih pendekatan yang digunakan daerah penelitian nilai skripsi nilai IPK lama studi serta beban pembimbingan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh skripsi mahasiswa periode lulusan 2008-2010. Data penelitian berupa dokumentasi skripsi mahasiswa prodi S1 PGSD Jalur Kerjasama. Penelitian ini menggunakan penelitian total sampling karena yang diteliti dalam penelitian ini adalah keseluruhan skripsi mahasiswa S1 PGSD jalur kerjasama periode lulusan 2008-2010. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Bidang studi paling banyak diminati adalah bidang studi IPA Bahasa Indonesia Matematika dan paling sedikit diminati adalah SBK Kependidikan serta Bahasa Inggris. (2) Strategi/model yang sering digunakan adalah Pemanfaatan Media (Alat Pembelajaran) sejumlah 107 strategi dan paling jarang NHT 0 88% (4 model). (3) Sebagian besar ( 99 12%) skripsi menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan sebagian kecilnya (0 88%) pendekatan kuantitatif. (4) Daerah penelitian paling banyak diteliti adalah Pasuruan dan paling sedikit diteliti adalah Bangil Pandaan dan Sidoarjo. (5) Angkatan (tahun masuk) paling banyak angkatan 2006 dan paling sedikit angkatan 2008. (6) Mahasiswa S1 PGSD Kerjasama terbanyak lulus di tahun 2010 dan tersedikit lulus tahun 2008 (7) Nilai skripsi paling banyak adalah nilai A- (43 74%) dan paling sedikit nilai skripsi B (3 74%). (8) Nilai IPK paling banyak interval nilai IPK 3 00-3 50 paling sedikit bahkan tidak ada mahasiswa yang meraih IPK 2 00-2 49 (9) Lama studi paling banyak adalah lama studi 6 5-7 5 semester sebanyak 216 (47 47%) dan paling sedikit 0 66% (3 orang) yakni lulus dengan lama studi 9 5-10 5 semester 11-12 semester serta 12 semester. (10) Beban pembimbingan paling banyak adalah 41 bimbingan dan paling sedikit adalah 1 bimbingan. Adapun saran dari penelitian ini perlu adanya penelitian selanjutnya dan perlu pula adanya tindak lanjut berupa angket yang memuat kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan penulisan skripsi. Jika memang dirasa kurang dalam kevariasian pendekatan penelitian maka hendaknya mata kuliah metodologi penelitian pendidikan sebaiknya memberikan porsi yang sama antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hendaknya prodi S1 PGSD aktif memberikan informasi tentang penelitian-penelitian skripsi yang pernah diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |