Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui penerapan teknik napier pada siswa kelas III SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Ajeng Ayu Sriaji - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui penerapan teknik napier pada siswa kelas III SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Ajeng Ayu Sriaji

Sriaji, Ajeng Ayu (2011) Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui penerapan teknik napier pada siswa kelas III SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Ajeng Ayu Sriaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar perkalian bilangan cacah teknik Napier Matematika yang dipelajari di Sekolah Dasar adalah matematika yang materinya dipilih sedemikian rupa agar mudah dialihfungsikan kegunaannya dalam kehidupan siswa yang mempelajarinya. Ruang lingkup pembelajaran matematikadi SD salah satunya adalah unit aritmetika (berhitung). Unit aritmetika dasar mendapat porsi dan penekanan utama karena sebagian besar dari bahan kajian matematika memerlukan penyelesaian dengan cara berhitung. Salah satunya yaitu operasi perkalian pada sistem bilangan cacah yang memegang peranan penting dalam aritmetika setelah operasi penambahan dan pengurangan. Salah satu teknik dalam pengerjaan operasi perkalian yaitu dengan menggunakan teknik Napier yang merupakan suatu cara pengerjaan operasi hitung perkalian. Penerapan teknik Napier ini menggunakan persegi panjang yang terdiri dari beberapa petak yang dibagi dengan garis diagonal. Teknik Napier ini digunakan untuk mengerjakan operasi hitung perkalian pada bilangan cacah dengan terlebih dahulu harus memahami fakta dasar perkalian sebagai prasyarat utama agar dapat dengan mudah dan cepat dalam menyelesaikan materi perkalian denga terlebih dahulu melengkapi tabel Napier. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan teknik Napier pada materi perkalian bilangan cacah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah dengan menggunakan teknik Napier. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian ini merupakan data tentang proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan dengan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri dan didukung dengan pedoman wawancara pedoman observasi dan soal tes. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus yaitu terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing tahapan tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Sedangkan untuk kegiatan analisisnya yaitu dengan tahap reduksi penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan bahwa penerapan teknik Napier dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari data hasil evaluasi pada pengambilan data mencapai rata-rata hanya 41 7% tergolong sangat kurang. Pada rerata siklus I terhadap penguasaan materi awal tentang perkalian memiliki nilai rerata 82 67 atau 82 67% dari skor ideal 100. Sedangkan pada rerata pada siklus II diperoleh rerata 84 24 atau 84 24%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya teknik Napier tergolong pada kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103707

Actions (login required)

View Item View Item