Peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama dalam membaca paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IVA SDN Purwodadi 1 Malang / Siti Musyarofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama dalam membaca paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IVA SDN Purwodadi 1 Malang / Siti Musyarofah

Musyarofah, Siti (2011) Peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama dalam membaca paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IVA SDN Purwodadi 1 Malang / Siti Musyarofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) menemukan kalimat utama SD. Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca sangat penting karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi. Seperti halnya di SDN Purwodadi 1 Malang diperoleh informasi bahwa kemampuan siswa kelas IVA dalam menemukan kalimat utama masih rendah. Hal itu dikarenakan siswa kurang memahami bacaan metode pembelajaran yang digunakan guru masih monoton. Dengan adanya hal tersebut maka peneliti perlu melakukan variasi dalam pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Indonesia pada materi kalimat utama. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama dalam membaca paragraf pada siswa kelas IVA di SDN Purwodadi 1 Malang dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama dalam membaca paragraf pada siswa kelas IVA SDN Purwodadi 1 Malang melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Purwodadi 1 Malang pada siswa kelas IVA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian model Kemmis MC. Taggart. Berdasarkan Hasil penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model CIRC menyatakan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam menemukan kalimat utama selama pembelajaran berlangsung mulai dari siklus 1 sampai siklus 2. Model pembelajaran CIRC merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan kegiatan menulis dan membaca. Simpulan dari penelitian ini adalah model CIRC sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca dan menulis karena model CIRC dapat melatih siswa dalam bekerjasama dengan kelompok yaitu saling membacakan dan saling bertukar pikiran dalam menemukan kalimat utama. Saran peneliti adalah bagi kepala sekolah agar dapat memotivasi para guru untuk meningkatkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran. Bagi guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi yang lain. Sedangkan bagi peneliti lain disarankan dapat mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103706

Actions (login required)

View Item View Item