Khasbiah, Siti (2011) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI. Roudlotul Falah Rembang Pasuruan / Siti Khasbiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiri Aktivitas Hasil Belajar PKn SD PKn merupakan pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa datang. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn harus mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa MI Roudlotul Falah Rembang Pasuruan belum menerapkan model pembelajaran inkuiry. Sebagian siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 80% dan ketuntasan individu 75 dari materi. Berdasarkan hal ini model pembelajaran inkuiry sangat tepat digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiry dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V MI Roudlotul Falah Rembang Paruruan 2) Mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran inkuiry terhadap aktivitas dan partisipasi siswa kelas V MI Roudlotul Falah Rembang Paruruan 3) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn pada pokok bahasan NKRI melalui model pembelajaran inkuiry. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan Perencanaan Pelaksanaan observasi dan Refleksi. Standar nilai ketuntasan minimal 75 dengan ketuntasan belajar siswa 80% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Roudlotul Falah Rembang Paruruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG II alat penilaian aktivitas belajar siswa pedoman observasi partisipasi siswa dalam inkuiry dan post test. Hasil analisis data setelah penerapan model pembelajaran inkuiry menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran inkuiry kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP mencapai skor 97 dengan prosentase keberhasilan 97% 2) untuk aktivitas belajar secara klasikal mencapai nilai rata-rata kelas 86 92dan partisipasi siswa dalan inkuiri mencapai rata-rata kelas 87 3)hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 87 30 dengan ketuntasan belajar kelas sudah tercapai 88 46%. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran PKn siswa kelas V MI Roudlotul Falah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terbukti dari hasil yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiry post test siklus I dan post test siklus II yang terus mengalami peningkatan saran yag disampaikan kepada guru yaitu agar dapat menerapkan model pembelajaran inkuiry pada pembelajaran PKn dengan kompetensi lain ataupun mata pelajaran lain. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini dapat juga digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga kemudian hari menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |