Setyomurti, Fatma (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar ilustratif siswa kelas IV SDN Sebalong Kec. Nguling Kab. Pasuruan / Fatma Setyomurti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Menulis Karangan Deskripsi Media Gambar SD Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas IV di SDN Sebalong diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa masih rendah dan proses pembelajaran masih terpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah kemudian siswa mengerjakan soal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 75. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal (1) peningkatan kemampuan menulis karangan dengan penggunaan gambar ilustratif dalam menulis karangan (2) penggunaan media gambar ilustratif dalam proses menulis karangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK kolaboratif. Subjek penelitiannya semua siswa kelas IV SDN Sebalong Kec. Nguling Kab. Pasuruan sebanyak 19 siswa. Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan memanfaatkan media gambar ilustratif yang berlangsung dalam lima tahapan menulis yaitu pramenulis menulis merevisi mengedit dan mempublikasi. Melalui media gambar ini siswa dihadapkan dengan keadaan yang ada dalam gambar sehingga siswa seolah-olah mengalami sendiri dan mencari pengalaman sendiri dengan bimbingan guru. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 65 31 dan pada siklus II meningkat menjadi 81 42. Selain itu ketuntasan belajar pada siklus I masih 26 31% dan meningkat menjadi 68 42% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi dan peningkatan hasil keterampilan menulis karangan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik maka disarankan (1) Guru menggunakan media dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan proses pembelajaran bisa dilakukan di luar kelas supaya siswa tidak bosan dengan proses belajar mengajar yang selalu di dalam kelas (2) Sekolah memberikan fasilitas yang baik dalam pemenuhan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan hasil belajar yang maksimal (3) Siswa lebih sering berlatih menulis karangan deskripsi di mana saja dan kapan saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |