Penerapan permainan pita bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen / Alfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan pita bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen / Alfiah

Alfiah (2011) Penerapan permainan pita bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen / Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci permainan pita bilangan pembelajaran matematika Peneliti melakukan observasi awal dengan melihat langsung pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru matematika SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kota Kepanjen. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru peneliti menemukan kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu (1) pembelajaran yang dilakukan guru kurang variatif dan (2) siswa pasif dalam pembelajaran. Kelemahan tersebut menyebabkan nilai rata-rata hasil evaluasi mata pelajaran matematika yaitu 45. Tiga sasaran hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan permainan pita bilangan yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 dalam pembelajaran matematika saat diterapkan permainan pita bilangan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 saat diterapkan permainan pita bilangan. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan pembelajaran matematika siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kota Kepanjen melalui permainan pita bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan alur penelitian Kemmis dan MC. Taggart (dalam Susilo 2009). Tahapan dalam setiap siklusnya terdiri atas planning-perencanaan acting-tindakan observing-observasi atau pengamatan reflecting-refleksi. Teknik pengumpulan data yang disajikan berupa data observasi tes dan dokumentasi. Penelitian telah dilaksanakan sesuai rancangan penelitian. Dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kota Kepanjen guru telah menerapkan permainan pita bilangan. Kemampuan guru dalam menerapkan permainan pita bilangan juga semakin meningkat dari tiap pertemuan pada masing-masing siklus. Pembelajaran dengan menerapkan permainan pita bilangan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 40 06 meningkat menjadi 58 96 pada siklus II. Pembelajaran dengan menerapkan permainan pita bilangan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai evaluasi siswa yaitu 57 17 meningkat menjadi 72 01 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa permainan pita bilangan dapat meningkatkan pembelajaran matematika selain itu juga meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kota Kepanjen serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kota Kepanjen kompetensi dasar melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103702

Actions (login required)

View Item View Item