Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan discovery di kelas IV SDN Talangagung 02 Kepanjen Kabupaten Malang / Ratna Yuanita Irma Irianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan discovery di kelas IV SDN Talangagung 02 Kepanjen Kabupaten Malang / Ratna Yuanita Irma Irianti

Irianti, Ratna Yuanita Irma (2011) Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan discovery di kelas IV SDN Talangagung 02 Kepanjen Kabupaten Malang / Ratna Yuanita Irma Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA Hasil Belajar Pendekatan Discovery Pendekatan discovery merupakan suatu pendekatan pembelajaran dengan mengajak kepada siswa untuk belajar menemukan dan memecahkan permasalahan yang terjadi di sekitarnya serta membelajarkan siswa untuk mengembangkan pengalaman-pengalaman siswa dengan alam sekitar sekaligus mengajak siwa bereksperimen untuk menemukan fakta-fakta dan menyimpulkan temuannya. Hasil observasi awal di SDN Talangagung 02 Kepanjen Kabupaten Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas IV materi Gaya guru masih menggunakan metode konvensional dan tidak pernah menggunakan pola pembelajaran yang lain. Rata-rata hasil belajar siswa masih tergolong kurang memenuhi standar KKM. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan yaitu 66 72 dan masih terdapat 17 siswa (47 2%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 64. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan pendekatan discovery pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Talangagung 02 2) aktivitas siswa selama pembelajaran IPA di kelas IV SDN Talangagung 02 3) hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Talangagung 02 melalui pendekatan discovery. Penelitian ini dilakukan di SDN Talangagung 02 dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran IPA menggunakan pendekatan discovery kelas IV SDN Talangagung 02 Kepanjen Kabupaten Malang berlangsung efektif. Dari hasil penelitian juga didapatkan bahwa penggunaan pendekatan discovery dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDN Talangagung 02 dapat meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran IPA berlangsung selain itu pendekatan discovery mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pernyataan ini terbukti dari rata-rata hasil belajar sebelumnya yaitu pada saat pratindakan rata-rata nilai hanya mencapai 66 72 meningkat menjadi 72 35 pada siklus I meningkat kembali menjadi 77 15 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini secara klasikal pembelajaran IPA menggunakan pendekatan discovery dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa untuk itu disarankan bagi peneliti lain yang melakukan pendekatan discovery dalam pembelajaran IPA mengingat dalam pendekatan discovery ini banyak melakukan percobaan dan penemuan maka untuk mengefektifkan waktu dalam pembentukan kelompok dapat dilakukan diluar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103701

Actions (login required)

View Item View Item