Meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan melalui penerapan teknik guided reading pada siswa kelas IV SDN Toyomarto 02 Kecamatan Singosari / Novi Mauludyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan melalui penerapan teknik guided reading pada siswa kelas IV SDN Toyomarto 02 Kecamatan Singosari / Novi Mauludyah

Mauludyah, Novi (2011) Meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan melalui penerapan teknik guided reading pada siswa kelas IV SDN Toyomarto 02 Kecamatan Singosari / Novi Mauludyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Membaca wacana bahasa Indonesia teknik Guided Reading kemampuan memahami isi bacaan SD Membaca merupakan kegiatan yang tidak hanya melafalkan simbol tulisan tetapi juga memahami isi dari bacaan. Dalam pembelajaran membaca guru seharusnya menerapkan teknik yang tepat agar tujuan membaca tercapai. Kenyataannya guru belum menerapkan teknik pembelajaran yang tepat sehingga mempengaruhi kemampuan siswa memahami isi bacaan. Dengan demikian perlu tindakan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik Guided Reading dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan peningkatan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Toyomarto 02 Kecamatan Singosari dengan teknik guided reading. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Toyomarto 02 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar soal evaluasi lembar observasi dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data yang dikumpulkan digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan prosentase. Pembelajaran guided reading berjalan dengan baik kegiatan pra baca inti baca dan pasca baca telah dilakukan oleh guru. Pada pra baca diawali dengan pemberian gambaran awal tentang teks bacaan melalui apersepsi dan penjelasan langkah kegiatan pembelajaran guided reading. Pada inti baca muncul langkah guided reading mulai dari kegiatan membaca bergiliran pemberian pertanyaan lisan membaca intensif dan diskusi kelompok mengenai teks bacaan yang telah dibaca. Pada pasca baca siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok serta pemberian tindak lanjut berupa pesan pembelajaran dan moral. Pembelajaran guided reading menyajikan pembelajaran secara utuh dan terpadu. Keterampilan membaca manulis menyimak dan berbicara disajikan secara terpadu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prosentase penerapan teknik guided reading sebesar 12%. Pada siklus I skor menunjukkan prosentase 85% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II skor menunjukkan 97% menjadi kategori sangat baik . Pada siklus 1 terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan. Hasil evaluasi siswa dalam menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan memperoleh nilai rata-rata 75 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 7% dari pra tindakan. Tingkatan pertanyaan pemahaman juga mengalami peningkatan yang semula hanya menyelesaikan pertanyaan literal saja meningkat dengan pertanyaan inferensial dan evaluasi. Pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 81 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 12% dari siklus 1. Tingkatan pertanyaan pemahaman juga meningkat 5 tingkatan pertanyaan Taksonomi Barret dapat diselesaikan oleh siswa mulai dari literal reorganisasi inferensial evaluasi dan apresiasi. Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teknik guided reading merupakan teknik membaca terbimbing antara guru dengan siswa langkah kegiatan meliputi pra baca inti baca dan pasca baca. Diawali dengan membaca bergiliran pemberian pertanyaan lisan membaca intensif diskusi kelompok dan presentasi. Kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan juga mengalami peningkatan mulai dari pa tindakan hingga tindakan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian juga dapat disarankan agar penjelasan langkah-langkah pembelajaran lebih jelas dan rinci pemberian apersepsi lebih kreatif dan dikaitkan dengan bacaan agar siswa antusias pada teks bacaan pembagian kelompok yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk melaksanakan tutor sebaya serta perlunya pemberian motivasi dan penguatan yang terus-menerus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103700

Actions (login required)

View Item View Item