Penerapan model guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Tanjungrejo 5 Malang / Lita Kristiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Tanjungrejo 5 Malang / Lita Kristiani

Kristiani, Lita (2011) Penerapan model guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Tanjungrejo 5 Malang / Lita Kristiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Guided Note Taking aktivitas belajar hasil belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Tanjungrejo 5 Malang pada waktu pembelajaran IPS di dapatkan fakta bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran siswa merasa bosan aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat sehingga siswa tidak konsentrasi dan merasa bosan saat pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan dengan menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Guided Note Taking. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Guided Note Taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa melalui penggunaan model Guided Note Taking (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Guided Note Taking. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan observasi tahap refleksi dan tahap perbaikan rencana . Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang yang terdiri dari 22 siswa dengan rincian 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang. Hal ini ditandai dengan siswa semakin berkonsentrasi saat guru menjelaskan materi keberanian bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru serta siswa dapat bekerjasama dengan temannya saat pembelajaran berlangsung. Peningkatan rata-rata aktivitas siswa dari siklus I dengan nilai 83 5 meningkat pada siklus II dengan nilai 93. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan 62 4 meningkat pada siklus I menjadi 65 3 dan pada siklus II meningkat menjadi 68 5. Prosentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu pada siklus I mencapai 68 5% meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar 77 3% Berdasarkan penelitian di ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang. Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sering memantau aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103695

Actions (login required)

View Item View Item