Peningkatan kemampuan membaca isi dongeng melalui pembelajaran tematik siswa kelas III di SDN Tepas 02 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rudi Nurdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca isi dongeng melalui pembelajaran tematik siswa kelas III di SDN Tepas 02 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rudi Nurdianto

Nurdianto, Rudi (2011) Peningkatan kemampuan membaca isi dongeng melalui pembelajaran tematik siswa kelas III di SDN Tepas 02 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rudi Nurdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan membaca siswa pembelajaran tematik isi dongeng. Hasil pengamatan di SDN Tepas 02 tentang pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam aspek membaca masih belum mendapat perhatian dan belum maksimal siswa terlihat belum aktif dalam pembelajaran dan hanya mengerjakan soal-soal saja. Apabila ada siswa disuruh ke depan untuk membaca meskipun dengan tema yang ada kaitannya dengan pengalaman siswa sebagian besar siswa belum lancar membaca dan cenderung malu apabila di depan kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dalam pembelajaran di kelas dapat diterapkan pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk menerapkan pembelajaran tematik terhadap kemampuan membaca isi dongeng pada siswa kelas III SDN Tepas 02 dan 2) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan membaca isi dongeng pada siswa kelas III SDN Tepas 02 Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian dilakukan 2 siklus tiap siklus ada 2 kali pertemuan. Tahapan tiap siklus meliputi 1) pe-rencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi dan 4) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi 1) observasi 2) wawancara 3) tes dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca isi dongeng melalui pembelajaran tematik dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal terbukti pada pratindakan 37% siklus I 58% dan pada siklus II 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan membaca isi dongeng siswa kelas III SDN Tepas 02 kecamatan Kesamben kabupaten Blitar. Guru seharusnya menggunakan berbagai macam metode media pembelajaran serta memahami kemampuan dan karakteristik siswanya karena setiap siswa memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda dengan lainnya sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103692

Actions (login required)

View Item View Item