Pengembangan modul pembelajaran IPA topik perubahan kenampakan benda-benda langit di SDN Percobaan 1 Malang kelas IV / Helda Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran IPA topik perubahan kenampakan benda-benda langit di SDN Percobaan 1 Malang kelas IV / Helda Kusuma Wardani

Wardani, Helda Kusuma (2011) Pengembangan modul pembelajaran IPA topik perubahan kenampakan benda-benda langit di SDN Percobaan 1 Malang kelas IV / Helda Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA modul pembelajaran pengembangan Pebelajar seharusnya mendapatkan pelayanan yang bersifat perbaikan pengayaan dan/atau percepatan sesuai potensi tahap perkembangan dan kondisi pebelajar. Dimensi keindividuan yang layak diperhatikan dapat direalisasikan dengan penerapan pendekatan konstruktivistik kognitif. IPA menghendaki terbentuk sikap ilmiah salah satu upaya adalah membaca. Modul pembelajaran melayani keindividuan dan aktivitas membaca. Untuk mendapatkan modul pembelajaran yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah maka dirasa penting melaksanakan penelitian pengembangan modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA topik perubahan kenampakan benda-benda langit yang telah divalidasikan di SDN Percobaan 1 Malang Kelas IV semester 2. Validasi meliputi validasi isi pembelajaran narasi isi pembelajaran dan ilustrasi modul pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Data penelitian berupa hasil penilaian ahli matapelajaran ahli bahasa ahli media sesuai dengan keahlian masing-masing. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa instrumen skala nilai dan angket juga digunakan untuk mengumpulkan data dari pembelajar dan pebelajar setelah pemanfaatannya. Teknik wawancara digunakan untuk menggali data dan informasi lebih lanjut tentang saran dan catatan kesalahan yang diberikan oleh konsultan ahli. Analisis data dilaksanakan dengan dua cara yakni analisis skala nilai dikuantifikasi menjadi persentase dan analisis terhadap saran dan catatan kesalahan oleh para ahli. Hasil skor persentase digunakan untuk menetapkan validitas isi pembelajaran narasi isi pembelajaran dan ilustrasi isi pembelajaran. Kemudian dicari penyebab adanya persentase kurang dari 100% yang dijadikan dasar pelaksanaan revisi produk. Dari analisis persentase semuanya valid atau sangat valid. Seharusnya sesuai kriteria validitas modul pembelajaran produk tidak perlu direvisi. Modul pembelajaran tetap direvisi disesuaikan dengan saran dan catatan kesalahan. Dari penelitian pengembangan modul pembelajaran ini diperoleh kesimpulan (1) berdasarkan penilaian ahli mata pelajaran diperoleh Skor persentase Validitas Isi Pembelajaran (SVIP) sebesar 87 5% dengan kriteria sangat valid (2) Skor persentase Validitas Narasi Isi Pembelajaran (SVNIP) dari ahli matapelajaran sebesar 79 01% dengan kriteria valid dari penilaian ahli bahasa diperoleh SVNIP 90 83% dengan kriteria sangat valid dan penilaian ahli media diperoleh SVNIP 82 81% dengan kriteria sangat valid dari ketiga ahli rerata SVNIP sebesar 84 22% dengan kriteria sangat valid dan (3) Skor persentase Validitas Ilustrasi Isi Pembelajaran (SVIIP) penilaian ahli matapelajaran 79 17% dengan kriteria valid dan diperoleh dari penialain ahli media SVIIP sebesar 87 5% dengan kriteria sangat valid dari kedua ahli diperoleh SVIIP rerata sebesar 83 34% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA kelas IV SD sangat valid isi pembelajarannya narasi isi pembelajaran maupun ilustrasi isi pembelajarannya. Namun demikian para ahli memberikan catatan kesalahan sebagai berikut (1) isi pembelajaran terjadi kesalahan penggunaan istilah gaya gravitasi disarankan diganti gaya tarik menarik (2) narasi isi pembelajaran terjadi kesalahan penggunaan kata atau kalimat yang tidak baku dan (3) ilustrasi isi pembelajaran kesalahan utamanya adalah penomoran dan penamaan gambar ilustrasi. Revisi produk terutama berdasarkan data dan catatan kesalahan. Uji coba lapangan menghasilkan data bahwa modul pembelajaran mempunyai validitas isi pembelajaran (SVIP) 87 5% dengan kriteria sangat valid. SVNIP sebesar 88 34% dengan kriteria sangat valid dan SVIIP sebesar 88 80% dengan kriteria sangat valid. Validitas modul pembelajaran berdasarkan uji coba lapangan secara keseluruhan sebesar 87 92% dengan kriteria sangat valid. Validitas modul pembelajaran dengan kriteria sangat valid ini berbanding lurus dengan perolehan tes akhir yang menunjukkan 93 33% dari banyaknya pebelajar atau 42 orang pebelajar mencapai KKM. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah prototype modul pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103690

Actions (login required)

View Item View Item