Penerapan model pembelajaran preview, question, read, reflecty, recite, review (PQ4R) pada pembelajaran _PKn untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Rangge Pasuruan / Novi Prabawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran preview, question, read, reflecty, recite, review (PQ4R) pada pembelajaran _PKn untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Rangge Pasuruan / Novi Prabawanti

Prabawanti, Novi (2011) Penerapan model pembelajaran preview, question, read, reflecty, recite, review (PQ4R) pada pembelajaran _PKn untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Rangge Pasuruan / Novi Prabawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Pembelajaran PQ4R Pembelajaran PKn SD. Bedasarkan wawancara pada tanggal 15 September 2010 dengan guru kelas SDN Rangge tentang penerapan strategi belajar PQ4R hasilnya adalah penerapan strategi pembelajaran PQ4R ini belum pernah digunakan dalam proses belajar mengajar Strategi belajar PQ4R adalah strategi belajar yang bertujuan untuk membentuk siswa agar dapat memahami dan mengingat materi yang mereka baca. Selain itu peneliti menemukan beberapa masalah diantaranya guru masih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga hasil evalusasi siswa kurang baik yaitu tidak mencapai standar ketuntasan mata pelajaran PKn yang ditetapkan di SDN Rangge yaitu 70. Berdasarkan latar belakang yang ada maka rumusan masalah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan strategi belajar PQ4R pada pembelajaran PKn kelas III SDN Rangge Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan (2) Bagaimana aktifitas siswa kelas III SDN Rangge Kecamatan Gondangwetan Kabupaten setelah diterapkannya strategi belajar PQ4R (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Rangge Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan setelah menerapakan strategi belajar PQ4R. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif Kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) langkah-langkahnya diadopsi dari model Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Rangge Pasuruan sebanyak 18 siswa. Sedangkan instumen yang digunakan adalah kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci lembar observasi soal test tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Rangge Pasuruan. Hal ini terjadi karena guru telah menerapkan Strategi Pembelaran PQ4R sesuai dengan tahap-tahap dalam Strategi tersebut. Untuk aktifitas siswa pada siklus I menunjukkan nilai (73 33) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (76 11). Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai dari sebelum dilakukannya tindakan (58 89) dilakunnya tindakan pada siklus I (75 0) selanjutnya tindakan pada siklus II (78 89) Berdsarkan hasil penelitian disarankan (1) Dalam melaksanaakan KBM dengan strategi tertentu seorang guru harus mengetahui dengan jelas seperti apa langkah-langkahnya. (2) Karena aktifitas siswa hal yang sangat mendasar maka peneliti menyarankan kepada guru untuk memilih strategi belajar yang memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam KBM. (3) Peneliti sarankan pada guru agar melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa setelah dilakukannya proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103689

Actions (login required)

View Item View Item