Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V MI Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pasuruan melalui model keliling kelas / Lina Maskhulin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V MI Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pasuruan melalui model keliling kelas / Lina Maskhulin

Maskhulin, Lina (2011) Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V MI Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pasuruan melalui model keliling kelas / Lina Maskhulin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA Pembelajaran Model Keliling Kelas Berdasarkan hasil observasi awal di MI Miftahul Ulum Puntir Purwosari ditemukan (1) Guru lebih sering menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan (2) Siswa dalam merespon pembelajaran IPA selama ini cenderung sebagai pendengar sehingga siswa menjadi pasif dan mengalami kejenuhan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model keliling kelas (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui model keliling kelas (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan model keliling kelas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptis kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan dengan data yang diperoleh saat penelitian. Secara umum proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari observasi awal perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi siklus I. kemudian ditarik kesimpulan untuk selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II. Dari hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa dalam menerapkan model keliling kelas pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan rata-rata nilai (62 8%) pertemuan 2 menunujukkan rata-rata nilai (70%) siklus II pertemuan 1 menunjukkan nilai rata-rata (80 8%) pada pertemuan II menunjukkan nilai rata-rata (84 3%). Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model keliling kelas dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Puntir. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan kepada guru untuk memperhatikan hal-hal yang berkaiatan dengan penerapan model keliling kelas dan bagi kepala sekolah hendaknya membantu menyediakan sarana pembelajaran yang tidak memungkinkan siswa untuk membawanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103687

Actions (login required)

View Item View Item