Peningkatan kemampuan menceritakan kembali dongeng melalui teknim grab bag pada siswa kelas V SD Negeri Pisang Candi 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Zahrul Amin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menceritakan kembali dongeng melalui teknim grab bag pada siswa kelas V SD Negeri Pisang Candi 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Zahrul Amin

Amin, Zahrul (2011) Peningkatan kemampuan menceritakan kembali dongeng melalui teknim grab bag pada siswa kelas V SD Negeri Pisang Candi 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Zahrul Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Teknik Grab Bag Kemampuan Menceritakan Dongeng SD Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di SD Negeri Pisang Candi 2 Kecamatan Sukun Kota Malang diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada aspek bercerita di kelas V. Permasalahan tersebut antara lain (1) menunjukkan sikap kurang berminat saat proses pembelajaran hal ini ditunjukkan dengan adanya siswa yang tidak memperhatikan saat guru menjelaskan (2) rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran (3) iklim pembelajaran masih bersifat teacher centered. Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan lebih banyak ceramah untuk itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah teknik grab bag yaitu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa untuk berani menceritakan kembali dongeng dengan runtut dan menggunakan bahasa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan teknik grab bag pada pembelajaran menceritakan kembali dongeng siswa kelas V SD Negeri Pisang Candi 2 Kecamatan Sukun Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan teknik grab bag. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Adapun rancangan PTK yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model kolaborasi. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pisang Candi 2 Kecamatan Sukun Kota Malang dengan jumlah siswa 32 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik grab bag pada Pembelajaran bahasa Indonesia telah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali dongeng. Hal ini dilihat dari hasil perolehan observasi tentang kemampuan siswa yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi kemampuan siswa mengalami peningkatan pada siklus II yang paling tampak yaitu sebagian besar siswa sudah berani bercerita di depan kelas serta melaporkan hasil diskusi. Kemampuan bercerita siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (52 19) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (56 25) dan skor rata-rata belajar menceritakan dongeng yaitu (68 75%) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar (81 25) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (81 25%). Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik grab bag pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali dongeng. Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki pembelajaran yang mencakup pendekatan metode dan teknik yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin sehingga dari penelitian ini disarankan agar para guru memilih dan menerapkan model pembelajaran yang lebih inovatif menarik dan komunikatif agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103686

Actions (login required)

View Item View Item