Peningkatan hasil belajar PKn melalui model integrated pada siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Pipit Rochmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model integrated pada siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Pipit Rochmawati

Rochmawati, Pipit (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model integrated pada siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar / Pipit Rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Model Integrated Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran PKn di SD Negeri Turi 2 Kota Blitar ditemukan beberapa permasalahan diantaranya 1) kesulitan siswa dalam memahami materi dan soal 2) penggunaan model pembelajaran yang konvensional 3) kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) 4) kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah 5) keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang sangat kurang serta 6) nilai mata pelajaran PKn sebagian besar siswa dibawah Standar Kriteria Minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 17.4% dan yang belum tuntas mencapai 82.6%. Berdasar hasil wawancara dengan guru dan beberapa siswa ditemukan beberapa permasalahan yaitu kesulitan guru dalam meningkatkan motifasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn dan kesulitan siswa dalam memahami soal. Kegiatan penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran model integrated pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar (2) untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model integrated bagi siswa kelas IV SDN Turi 2 Kota Blitar. Kegiatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam kegiatan ini peneliti berperan sebagai observer guru penanggungjawab penuh penelitian pengumpul dan penganalisis data dan penyusunan laporan penelitian. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil observasi pratindakan pembelajaran PKn ketuntasan belajar siswa mencapai 17.4% dan siswa belum tuntas mencapai 82.6%. Hasil ini menunjukkan belum tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 7.00. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa siklus I pertemuan 1 mencapai 39.13% pertemuan 2 mencapai 47.82% dan pertemuan 3 mencapai 82.61%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa pertemuan 1 mencapai 73.91% pertemuan 2 mencapai 78.26% dan pertemuan 3 mencapai 82.60%. Dengan menerapkan pembelajaran terpadu model Integrated dalam pembelajaran PKn secara bertahap siswa mampu mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran terpadu model Integrated dalam pembelajaran PKn hasil belajar siswa dapat meningkat dan mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103680

Actions (login required)

View Item View Item