Peningkatan efektivitas pembelajaran pecahan melalui penggunaan juring pecahan pada siswa kelas IV semester 2 SDN Bareng 4 Malang / Ninik Setiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan efektivitas pembelajaran pecahan melalui penggunaan juring pecahan pada siswa kelas IV semester 2 SDN Bareng 4 Malang / Ninik Setiana

Setiana, Ninik (2011) Peningkatan efektivitas pembelajaran pecahan melalui penggunaan juring pecahan pada siswa kelas IV semester 2 SDN Bareng 4 Malang / Ninik Setiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci efektivitas pembelajaran pecahan juring pecahan Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas IV SDN Bareng 4 Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran Matematika dengan materi penjumlahan pecahan yaitu (1) sarana pembelajaran kurang (2) pembelajaran kurang bermakna (3) guru kurang mengembangkan media pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat diambil yaitu pembelajaran dengan penggunaan media juring pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan juring pecahan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pecahan pada siswa kelas IV semester 2 SDN Bareng 4 Malang dan (2) mendeskripsikan penerapan dengan penggunaan juring pecahan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pecahan pada siswa kelas IV semester 2 SDN Bareng 4 Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiannnya siswa kelas IV SDN Bareng 4 Malang dengan sebanyak22siswa. Intrumen yang digunakan yaitutes observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media juring pecahan dapat meningkatkanaktivitas dan hasil belajar Matematika dengan materi penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Bareng 4 Malang. Perolehan hasil belajar siswa meningkat dari nilai pretes terlihat 36 36% pada siklus I mencapai 54 55% jadi dari hasil pre tes ke siklus I meningkat sebesar 18 19%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 27 27% hal ini terlihat dari siklus I yang tuntas 54 55% dan siklus II yang tuntas mencapai 81 82%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media juring pecahan meningkatkan efektivitas pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Bareng 4 Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menggunakan media konkret saat pembelajaran yang memang membutuhkan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103679

Actions (login required)

View Item View Item