Meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode role playing di kelas IV SDN Ardirejo 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Ita Afni Mubalihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode role playing di kelas IV SDN Ardirejo 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Ita Afni Mubalihah

Mubalihah, Ita Afni (2011) Meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode role playing di kelas IV SDN Ardirejo 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Ita Afni Mubalihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar PKn Role Playing. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Pkn kelas IV di SDN Ardirejo 3 diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn di kelas IV. Permasalah tersebut antara lain (1) terjadi kebosanan pada siswa saat pembelajaran berlangsung hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional (2) siswa terlihat pasif pada saat pembelajaran PKn. Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan lebih banyak ceramah. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah metode Role Playing yaitu metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ardirejo 3 Kabupaten Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 23 anak. Teknik yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing pada Pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ardirejo 3. Hal ini dilihat dari phasil observasi tentang aktivitas siswa serta rata-rata evaluasi yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi sebagian besar siswa sudah berani bertanya/menjawab serta melaporkan hasil diskusi. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (54 87) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (69 73) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (69 56%) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar (75 65) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (78 26%). Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan- kelemahan yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seobtimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103677

Actions (login required)

View Item View Item