Peningkatan penguasaan kosakata melalui membaca buku cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kepanjenlor 2 kota Blitar / Wahyu Dwi Friandhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan kosakata melalui membaca buku cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kepanjenlor 2 kota Blitar / Wahyu Dwi Friandhani

Friandhani, Wahyu Dwi (2011) Peningkatan penguasaan kosakata melalui membaca buku cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kepanjenlor 2 kota Blitar / Wahyu Dwi Friandhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci penguasaan kosakata buku cerita Berdasar dari hasil observasi pratindakan terhadap pelaksanaan pembelajaran kosakata di kelas IV SDN Kepanjenlor 02 Blitar diketahui adanya permasalahan dalam pembelajaran yaitu nilai rata-rata hasil evaluasi siswa hanya mencapai nilai 64 sebagian besar siswa kesulitan mengartikan kosakata sukar dengan benar dan kesulitan menyusunnya ke dalam kalimat yang sesuai dengan struktur dan ejaan yang benar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata siswa melalui membaca buku cerita anak. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan tentang penguasaan kosakata tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian berupa paparan hasil observasi dan nilai evaluasi siswa pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti dan guru kelas IV. Analisis data dimulai dari tahap penelahaan tahap identifikasi dan klasifikasi data tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tetsebut diperoleh simpulan hasil penelitian siklus I menunjukkan penguasaan kosakata siswa kelas IV menggunakan buku cerita anak mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut diketahui dari persentase nilai tes siswa pada pra tindakan siswa yang mencapai KKM 28 58% pada siklus I 71 43 % dan pada siklus II 91 42 %. Sedangkan aktifitas belajar siswa pada siklus I kriteria dominan yang muncul cukup baik dan pada siklus II sangat baik yang teramati pada kegiatan siswa sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu (a) pembentukan kelompok diskusi (b) menyelesaikan tugas kelompok (c) persentasi hasil diskusi (d) menyimpulkan dan (e) melakukan refleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103676

Actions (login required)

View Item View Item