Hidayanti, Fenty (2011) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa inggris melalui lagu dan permainan pada siswa kelas IV di SDN Madirejo 02 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Fenty Hidayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci lagu permainan keterampilan berbicara bahasa Inggris SD Permainan dan lagu merupakan sarana bagi anak untuk menjelajahi dunia nya. Oleh karena itu dalam dunia pendidikan permainan dan lagu dapat diguna kan dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami bahan pe lajaran yang disajikan. Permainan dan lagu dapat memiliki dua fungsi penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pertama berbagai macam permainan dan lagu-lagu dapat digunakan untuk mengajar bahasa Inggris seperti kosakata (vocabulary) pengucapan (pronunciation) dan kelancaran (fluency). Kedua per mainan dan lagu dapat memperkenalkan masyarakat dan budaya pemakai bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk melatih siswa agar dapat berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis mulai dari reduksi data pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madiredo 02 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan diberi tindakan kelas berupa penerapan pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu dan permainan dan dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan melalui tahapan-tahapan perencana an pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui lagu dan permainan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris ternyata lebih meningkatkan keterampilan berbicara siswa dari aspek kebahasaan (pronunciation accuracy dan vocabulary ) dan non kebahasaan (fluency keberanian volume suara). Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai siswa dari setiap kelompok yaitu kelompok tinggi sedang dan rendah yang selalu mengalami peningkatan walaupun sedikit. Masing-masing kelompok terse but berturut-turut mempunyai rata-rata nilai pada pra tindakan 71 7 61 7 46 7 menjadi 78 6 69 63 7 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89 3 79 8 73 8. Selain itu dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dapat diketahui bahwa pada pra tindakan hanya terdapat 8 siswa yang tuntas belajar (25%) meningkat menjadi 18 siswa (56 25%) pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II terjadi kenaikan peningkatan belajar dari 56 25%% meningkat menjadi 87 5% dan sebanyak 28 siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui lagu dan permainan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |