Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gampingan 01 Pagak / Dewi Diansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gampingan 01 Pagak / Dewi Diansari

Diansari, Dewi (2011) Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gampingan 01 Pagak / Dewi Diansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Picture and Picture Pembelajaran IPA Peneliti melakukan observasi awal dengan melihat langsung pembelajaran IPA yang dilakukan guru kelas IV SDN Gampingan 01 Pagak. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru peneliti menemukan kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu (1) pembelajaran yang dilakukan guru kurang variatif dan (2) siswa pasif dalam pembelajaran. Kelemahan tersebut menyebabkan nilai rata-rata hasil evaluasi mata pelajaran IPA yaitu 49 1 Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gampingan 01 Pagak Kabupaten Malang dengan Kompetensi Dasar (KD) Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar misalnya kecoa nyamuk serta kupu-kupu . Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas guru dengan penerapan pembelajaran model Picture and Picture dalam meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran model Picture and Picture (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran model Picture and Picture. Penelitian telah dilaksanakan sesuai rancangan penelitian. Dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gampingan 01 Pagak guru telah menggunakan model Picture and Picture. Hasi observasi guru dalam pembelajaran melalui model Picture and Picture juga semakin meningkat dari tiap pertemuan pada masing-masing siklus. Pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 54 65 meningkat menjadi 75 8 pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai evaluasi siswa yaitu 69 1 meningkat menjadi 85 8 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture dapat meningkatkan pembelajaran IPA selain itu juga meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Gampingan 01Pagak serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gampingan 01Pagak kompetensi dasar Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar misalnya kecoa nyamuk serta kupu-kupu . Dari kegiatan pra tindakan siklus I dan ke siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran model Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk perbaikan pembelajaran ini yaitu diharapkan sebelum menggunakan model Picture and Picture sebaiknya pembelajaran menggunakan media yang kongkrit atau media asli guru lebih memotivasi siswa dalam kegiatan kelompok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103673

Actions (login required)

View Item View Item