Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pembelajaran model pakem pada siswa kelas 1 di SDN Dawuhan 1 Kabupaten Nganjuk / Susanti Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pembelajaran model pakem pada siswa kelas 1 di SDN Dawuhan 1 Kabupaten Nganjuk / Susanti Rahayu

Rahayu, Susanti (2011) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pembelajaran model pakem pada siswa kelas 1 di SDN Dawuhan 1 Kabupaten Nganjuk / Susanti Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca permulaan model PAKEM. Hasil observasi menunjukkan bahwa masalah yang terjadi pada siswa kelas 1 SDN Dawuhan I Kabupaten Nganjuk adalah siswa kurang aktif secara mental dan fisik dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan guru hanya menggunakan satu model pembelajaran saja yaitu model ceramah. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Dawuhan 1 Kabupaten Nganjuk dan (2) apakah dengan model PAKEM dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Dawuhan I Kabupaten Nganjuk Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Penerapan pembelajaran model PAKEM pada pelaksanaan siklus I menunjukan bahwa siswa masih kurang memiliki keberanian untuk tampil di depan kelas dan siswa pasif dalam pembelajaran sehingga kemampuan membaca siswa belum meningkat. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II aktivitas belajar siswa menunjukkan hasil yang sangat baik. Sebagian besar siswa telah memiliki keberanian untuk tampil di depan kelas serta menyimpulkan hasil kegiatan secara lisan. Siswa juga aktif dalam memjawab pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui model PAKEM dapat meningkatkan hasil membaca permulaan siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 41% siklus I sebesar 71% dan siklus II sebesar 91%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran membaca permulaan melalui model PAKEM dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan membaca siswa kelas I SDN Dawuhan 1 Kabupaten Nganjuk oleh karena itu guru disarankan agar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif dan mengajak siswa lebih aktif seperti model pembelajaran PAKEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103672

Actions (login required)

View Item View Item