Penerapan pendekatan whole language untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen kota Malang / Putri Manggiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan whole language untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen kota Malang / Putri Manggiasih

Manggiasih, Putri (2011) Penerapan pendekatan whole language untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen kota Malang / Putri Manggiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pendekatan Whole Language Membaca Cerita SD Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru masih menerapkan pembelajaran yang terpisah-pisah antara keterampilan membaca menulis menyimak dan berbicara. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Whole Language yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang menyajikan pembelajaran bahasa secara utuh atau tidak terpisah-pisah antara keterampilan membaca menulis mendengar dan berbicara. Pendekatan Whole Language berangkat dari paham konstruktivis yang menyatakan bahwa anak membentuk sendiri pengetahuannya melalui peran aktifnya dalam belajar secara utuh dan menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Whole Language dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang 2) mendeskripsikan penerapan pendekatan Whole Language untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang. Dalam penelitian ini rancangan pembelajaran yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang. Jumlah siswanya adalah 16 orang siswa terdiri dari 6 siswa putra dan 10 siswa putri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Whole Language dapat meningkatkan kemampuan membaca cerita pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang. Perolehan prosentase rata-rata siswa dari pra tindakan ke siklus I meningkat sebesar 12 5 %. Sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 31 25 %. Disarankan agar guru dapat menerapkan pendekatan Whole Language pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena dalam pendekatan tersebut telah mencakup secara lengkap teknik-teknik kegiatan membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103671

Actions (login required)

View Item View Item