Putri, Leni Diana (2011) Peningkatan pemahaman isi paragraf melalui model pakem siswa kelas V SDN Kandangan 2 Kabupaten Blitar / Leni Diana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci meningkatkan pemahaman paragraf model PAKEM Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model PAKEM dalampeningkatan kemampuan memahami paragraf pada siswa kelas V SDN Kandangan 02 Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman paragraf melalui model PAKEMbagi siswa kelas V SDN Kandangan 02 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakandalam penelitianiniadalah pendekatankualitatif denganjenispenelitiantindakankelasyang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflektion) dandilaksanakandalam 2 siklus.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas V SDN Kandangan 2 KabupatenBlitardenganjumlahsiswasebanyak 23 siswa.Teknikpengumpul-an data yang digunakanuntukmendukung data penelitianinimeliputi (1) lembarobservasi (2) catatanlapangan (3) dokumentasidan(4) hasiltes.Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisis data kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifatmenggambarkankenyataansesuaidengan data yang diperoleh dengan tujuanuntukmengetahuiprestasibelajar yang dicapaisiswa jugauntuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penerapan model PAKEM dapat meningkatkan pemahaman isi paragraf pada siswa kelas V di SDN Kandangan 2 Kabupaten Blitar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dan peningkatan hasil pemahaman isi paragraf pada siklus I dan siklus II. Pada hasil pemahaman isi paragraf siswa yang dinilai dari hasil tes akhir dari siklus I ke siklus II yang meningkat dari siklus I dengan presentase 87% menjadi 91% pada siklus II hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman isi paragraf pada siswa secara klasikal sebesar 4%. Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodel PAKEM dapat meningkatkanpemahamanisiparagrafpadasiswakelas V. Dari 23 siswa yang tuntassebesar 21 siswaatau 91% dan 2 siswaatau 9% tidaktuntaskarenakelainanberfikir yang dialami.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103670 |
Actions (login required)
View Item |