Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui penggunaan media boneka tangan siswa kelas 2 SDN Polehan 4 Malang / Agus Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui penggunaan media boneka tangan siswa kelas 2 SDN Polehan 4 Malang / Agus Setyorini

Setyorini, Agus (2011) Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui penggunaan media boneka tangan siswa kelas 2 SDN Polehan 4 Malang / Agus Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan menyimak dongeng media boneka tangan SD Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menyimak teks pendek menunjukkan hasil belajar menyimak belum tuntas. Identifikasi masalah belajar menyimak adalah (1) sikap negatif yang ditampilkan siswa saat proses pembelajaran seperti mengganggu teman saat menyimak berbicara sendiri mengeluh saat diberi tugas menyimak tidak serius (2) siswa mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran (3) siswa tidak menguasai bahan teks pendek (4) hasil belajar berupa menceritakan isi teks pendek yang telah disimak kurang (5) teknik pembelajaran menyimak kurang variatif (6) tidak adanya media pembelajaran sehingga siswa tidak tertarik mengikuti proses pembelajaran. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK ini dilaksanakan dua siklus siklus I dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan siklus ke II dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Polehan 4 Kota Malang dengan jumlah 44 siswa. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara dokumentasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengamati perilaku siswa saat pembelajaran menyimak dongeng. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui kesan-kesan dan perasaan siswa ketika belajar menyimak menggunakan media boneka tangan. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan data tentang proses pembelajaran yang menggambarkan langkah-langkah kongkrit yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa menyimak dongeng. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil menyimak dongeng oleh siswa pada pratindakan hanya mencapai 59 10% dan skor rata-rata kelas hanya 52 86 dengan skor kriteria ketuntasan minimal secara individu 56 28. Sedangkan setelah pemberian tindakan persentase meningkat menjadi 90 09% pada akhir siklus II dan rata-rata kelas mencapai 69 27. Dengan demikian pemberian tindakan pada siklus II telah berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah boneka tangan dapat digunakan sebagai media belajar menyimak dongeng siswa kelas II dan dengan media boneka tangan dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar menyimak dongeng siswa kelas II. Disarankan bagi peneliti selanjutnya maupun guru kelas II bahwa dalam pembuatan media boneka tangan agar menjahit boneka tangannya agar lebih kuat guru hendaknya berlatih teknik mendongeng dengan boneka tangan agar tujuan belajar yang diinginkan dari siswa dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103669

Actions (login required)

View Item View Item