Peningkatan keterampilan menganalisis unsur instrinsik cerita melalui model pakem siswa kelas V SDN Kaligambir 04 Kabupaten Blitar / Anik Wahyulina - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menganalisis unsur instrinsik cerita melalui model pakem siswa kelas V SDN Kaligambir 04 Kabupaten Blitar / Anik Wahyulina

Wahyulina, Anik (2011) Peningkatan keterampilan menganalisis unsur instrinsik cerita melalui model pakem siswa kelas V SDN Kaligambir 04 Kabupaten Blitar / Anik Wahyulina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci penggunaan model PAKEM bahasa Indonesia sekolah dasar Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kaligambir 04 Kabupaten Blitar diketahui adanya permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya ketuntasan klasikal yang belum tercapai dan kurang adanya antusias siswa dalam menerima pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model PAKEM dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita dan mendiskripskan peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita siswa kelas V SDN Kaligambir 04 Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatuf jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kaligambir 04 Kabupaten Blitar dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dokumentasi dan observasi selama proses belajar mengajar berlangsung. Refleksi dilakukan setelah setiap siklus. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa model PAKEM dapat meningkatkan keterampilan mengalisis unsur intrinsik cerita. Siswa semakin aktif dan tidak takut untuk mengekspresikan ide-ide yang dimilikinya. Selain menambah pengetahuan siswa juga belajar bersosialisasi dengan teman-temannya hal ini terlihat pada waktu siswa melaksanakan kerja kelompok. Selain itu penilain hasil juga mengalami peningkatan Ini terbukti dari nilai pratindakan sampai ke siklus penilain proses siklus I ketuntasan klasikal adalah 80 % dan pada siklus II ketuntasn klasikal mencpai 100 %. Pada penilain hasil pratindakan ketuntasan klasikal mencapai 40 % pada siklus I mencapai mencapai 65 % dan pada siklus II adalah 100 %.Dari di atas maka peneliti memberikan saran guru hendaknya menggunakan model PAKEM sebagai salah satu cara atau alternatif utuk meningkatakan hasil belajar siswa dan meningkatkan aktivitas siswa dalam kelas kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut dengan materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103668

Actions (login required)

View Item View Item