Penerapan strategi direct reading thinking activities (DRTA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pembeljaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Kasin Malang / Yuni Sulistiyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi direct reading thinking activities (DRTA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pembeljaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Kasin Malang / Yuni Sulistiyowati

Sulistiyowati, Yuni (2011) Penerapan strategi direct reading thinking activities (DRTA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pembeljaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Kasin Malang / Yuni Sulistiyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi Direct Reading Thinking Activities membaca pemahaman. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Kasin Malang ditemukan bahwa proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru tidak ditemukannya siswa membangun sendiri pengetahuannya. Pada proses pembelajaran siswa cenderung ramai sendiri tidak adanya tanggung jawab untuk menyelesaikan soal yang diberikan guru. Kemampuan membaca pemahaman yang diperoleh siswa pun masih belum maksimal. Penenlitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDn Kasin Malang (2) mendeskripsikan peningkatakn kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kasin Malang. Kegiatan pembelajaran dengan strategi DRTA ini mengaktifkan siswa karena siswa mampu membangun pengetahuannya siswa harus dapat membuat prediksi dari judul ataupun gambar serta membuat prediksi dari isi paragraf selanjutnya dan pada akhirnya kemampuan membaca pemahaman siswa akan meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Kasin Malang pada semeser genap tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan test. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat. Pada siklus I kemampuan membaca pemahamn siswa sebesar 63 97 dan pada siklus II sebesar 78 73. Peningkatan disini sebanyak 14 74%. . Membaca (reading) dapat meningkatkan pengetahuan siswa meningkatkan pemahaman serta meningkatkan daya konsentrasi siswa. Dalam membaca bukan hanya sekedar membaca saja tetapi juga perlu berfikir (thinking). Berfikir ternyata dapat membuat anak dapat berfikir kreatif. Teori mengatakan bahwa membaca merupakan salah satu proses berfikir. Dalam proses ini seseorang akan memanfaatkan sel-sel otak untuk melakukan pencernaan terhadap tulisan yang dibaca. Aktivitas dalam membaca juga perlu aktivitas dalam strategi DRTA disini adalah dapat menggerakkan siswa lebih fokus membaca karena didorong oleh keinginan dan hasrat ingin mengatahui jalan ceritanya. Penelitian selanjutnya diharapakan bisa lebih bervariatif kegiatan yang dilakukan siswa serta diharapkan strategi DRTA ini dapat diterapkan untuk mata pelajaran lainnya sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut berkenaan dengan strategi DRTA ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103667

Actions (login required)

View Item View Item