Pemanfaatan media animasi audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Lina Rohma Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media animasi audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Lina Rohma Yunita

Yunita, Lina Rohma (2011) Pemanfaatan media animasi audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Lina Rohma Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media animasi audio visual keterampilan menyimak Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Bareng 4 Malang keterampilan menyimak khususnya menyimak cerita anak masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan (1) siswa kurang terampil dalam menyimak cerita anak (2) siswa kurang merasakan manfaat dari menyimak cerita anak (3) kegiatan pembelajaran menyimak cerita anak yang kurang bervariasi dan menarik dan (4) keberadaan media pembelajaran yang masih belum merata di sekolah-sekolah. Untuk itu peneliti ingin melakukan perbaikan pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan media animasi audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media animasi audio visual yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang (2) mendeskripsikan apakah pemanfaatan media animasi audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang dalam tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (planning) (2) tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang dengan jumlah siswa 16 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media animasi audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang. Perolehan nilai rata-rata pra tindakan adalah 46 44 nilai rata-rata siklus 1 adalah 67 77 dan nilai rata-rata siklus 2 adalah 78 74. Hasil keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang mengalami peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2. Dengan prosentase dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 21 33% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10 97%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media animasi audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan media animasi audio visual pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103665

Actions (login required)

View Item View Item