Penerapan pembelajaran berprogram untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 kota Blitar / Dewi Sanianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berprogram untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 kota Blitar / Dewi Sanianti

Sanianti, Dewi (2011) Penerapan pembelajaran berprogram untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 kota Blitar / Dewi Sanianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Berprogram Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Hasil observasi pra tindakan menunjukkan terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan model konvensional yang tidak memperhatikan perbedaan yang ada pada setiap siswa (2) pelaksanaan pembelajaran didominasi guru (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran (4) nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 66 33 (5) siswa yang mencapai hasil belajar di atas KKM sebanyak 15 siswa atau 35% dari jumlah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berprogram pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis data kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian penerapan pembelajaran berprogram pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 kota Blitar menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar PKn dari pra tindakan ke siklus 1 dan ke siklus 2. Nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan yaitu 66 33 pada siklus 1 meningkat menjadi 74 30 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 76 70. Peningakatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sampai siklus 2 adalah 10 37. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari pra tindakan ke siklus 1 dan ke siklus 2. Siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan yaitu 15 siswa atau 35% pada siklus 1 yaitu 29 siswa atau 67% siklus 2 yaitu 34 siswa atau 79%. Peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa dari pra tindakan sampai siklus 2 adalah 44%. Siswa belum tuntas belajar sebanyak 9 siswa dikarenakan siswa tesebut kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan guru. Penerapan pembelajaran berprogram PKn pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada agar pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103663

Actions (login required)

View Item View Item