Meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun daftar melalui model pembelajaran think pair share pada siswa kelas III SDN Senden II Kabupaten Kediri / Titis Andestya Furinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun daftar melalui model pembelajaran think pair share pada siswa kelas III SDN Senden II Kabupaten Kediri / Titis Andestya Furinda

Furinda, Titis Andestya (2011) Meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun daftar melalui model pembelajaran think pair share pada siswa kelas III SDN Senden II Kabupaten Kediri / Titis Andestya Furinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Luas Bangun Datar Think Pair Share Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika materi luas bangun datar di SDN Senden II Kabupaten Kediri antara lain (1) pelaksanaan pembelajaran masih bersifat konvensional (2) siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran (3) masih banyak siswa yang belum memahami materi luas bangun datar (4) masih banyak siswa yang mendapat hasil belajar di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar pada siswa kelas III SDN Senden II Kabupaten Kediri (2) untuk mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas III SDN Senden II Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Senden II Kabupaten Kediri semester II tahun pelajaran 2010/2011. Waktu dan lama penelitian dimulai dari Februari 201I sampai April 201I. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar pada siswa kelas III SDN Senden II Kabupaten Kediri meningkat. Pada pratindakan belum ada penilaian aktifitas siswa pada siklus I sebesar 72 % dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dan hasil belajar siswa pada pratindakan rata-rata 58 dan ketuntasan 40% pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 69 dan ketuntasan 79% sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 80 dengan ketuntasan klasikal 93%. disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktifitas siswa dan hasil belajar luas bangun datar pada siswa kelas III SDN Senden II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan model pembelajaran Think Pair Share dapat dijadikan alternatife bagi guru untuk diterapkan pada pembelajaran Matematika selanjutnya karena model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat melatih siswa untuk bekerja secara individu maupun berkolaborasi dengan temannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103661

Actions (login required)

View Item View Item