Peningkatan kemampuan menyimak isi cerita anak melalui penetapan strategi direct listining thinking activities (DLTA) pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Innany Mukhlishina - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menyimak isi cerita anak melalui penetapan strategi direct listining thinking activities (DLTA) pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Innany Mukhlishina

Mukhlishina, Innany (2011) Peningkatan kemampuan menyimak isi cerita anak melalui penetapan strategi direct listining thinking activities (DLTA) pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Innany Mukhlishina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menyimak isi cerita anak strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) SD. Berdasarkan hasil tes pra tindakan kemampuan menyimak isi cerita anak yang peneliti lakukan di kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang dapat diketahui bahwa kemampuan menyimak isi cerita anak siswa rendah. Siswa kesulitan menyebutkan unsur cerita menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengar dan kesulitan menceritakan kembali isi cerita yang telah didengar. Aktivitas belajar siswa belum terlibat aktif dalam isi cerita. Pembelajaran yang dilakukan guru dengan cara memberikan bacaan kepada siswa untuk dibaca siswa sendiri bukan dibacakan oleh guru. Hal itu tidak sesuai dengan aspek pada kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu aspek mendengarkan. Selain itu belum ada media yang digunakan guru. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) untuk meningkatkan kemmapuan menyimak isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) dalam meningkatkan kemampuan menyimak isi cerita anak (2) mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) dapat meningkatkan kemampuan menyimak isi cerita anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis Mc.Taggart. Pengumpulan data menggunakan 5 teknik yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi dan (5) Catatan Lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas kemampuan menyimak isi cerita anak siswa mencapai 87 3 dengan kriteria A (baik sekali) pada siklus I dan 93 76 dengan kriteria A (baik sekali) pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kemampuan menyimak isi cerita anak siswa mencapai 55 46 dengan kriteria C (cukup) pada pra tindakan menjadi 68 dengan kriteria B (baik) pada siklus I dan 89 07 dengan kriteria A (baik sekali) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian yaitu bahwa penerapan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) dapat meningkatkan kemampuan menyimak isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang. Saran yang diberikan adalah hendaknya guru dapat (a) menerapkan strategi Direct Listening Thinking Activities (DLTA) sesuai tahap-tahapnya (b) memilih cerita anak yang disukai siswa yaitu dengan tokoh binatang (c) menggunakan media yang bervariasi yaitu media rekaman dan gambar (d) memberi ruang lebih banyak untuk siswa mengaktualisasikan dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103660

Actions (login required)

View Item View Item