Tristanti, Ika Diana (2011) Penerapan pendekatan science environment technology society (SETS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Selorejo Tulungagung / Ika Diana Tristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pendekatan SETS IPA SD hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Selorejo Tulungagung tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari data nilai tes siswa siswa yang memperoleh nilai antara 50-59 ada 3 siswa 60-69 ada 12 siswa 70-79 ada 12 siswa dan 80-89 ada 2 siswa. Dengan observasi yang telah dilakukan diketahui bahwa standar ketuntasan minimal (SKM) sekolah adalah 70 dan siswa yang mendapat nilai dibawah SKM ada 15 siswa. Untuk itu perlu adanya suatu cara yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pendekatan SETS. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) dalam mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Selorejo materi sumber daya alam (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IV SDN Selorejo dalam mata pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam kelas IV di SDN Selorejo melalui pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV di SDN Selorejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung semester 2 tahun ajaran 2010/2011. Banyak siswa ada 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Pengumpulan data menggunakan 5 teknik yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi dan (5) Catatan Lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari hasil belajar awal siswa yaitu ada 14 siswa (48%) yang mendapatkan nilai lebih dari 70. Setelah dilaksanakan siklus I nilai siswa meningkat menjadi 17 siswa yang mendapat nilai diatas 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58%. Selanjutnya pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan menjadi 24 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 84%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Selorejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Saran yang diberikan peneliti bagi guru sebaiknya dapat menerapkan pendekatan SETS dalam pembelajaran IPA dengan memperhitungkan waktu karena memerlukan waktu yang relatif lama dan mempertimbangkan materi yang akan diajarkan karena pendekatan SETS tidak dapat diterapkan dalam semua materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |