Penerapan model group investigation untuk meningkatkan pemebelajaran IPA siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Malang / Dedik Setiyo Winoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigation untuk meningkatkan pemebelajaran IPA siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Malang / Dedik Setiyo Winoto

Winoto, Dedik Setiyo (2011) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan pemebelajaran IPA siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Malang / Dedik Setiyo Winoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Group Investigation aktivitas hasil belajar IPA Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kidul Dalem 2 Malang masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Hasil penilaian yang dilaksanakan oleh guru pada materi gaya (2) Siswa terlihat ramai tapi tidak berkaitan dengan pembelajaran (3) Aktivitas pembelajaran berpusat pada guru (4) Media pembelajaran hanya terpaku pada gambar yang ada pada buku pelajaran. (5) Pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru kurang variatif. Guru mendominasi pembelajaran sehingga hal ini menyebabkan siswa hanya menjadi pendengar pasif. Untuk itu perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk aktif berdiskusi dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model Group Investigation pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Kidul Dalem 2 (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas V SD Negeri Kidul Dalem 2 setelah penerapan model Group Investigation (3) Mendeskripsikan hasil belajar V SD Negeri Kidul Dalem 2 setelah penerapan model Group Investigation. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kidul Dalem 2 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Menggunakan empat cara dalam pengumpulan data yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta pada siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Malang. Penilaian penyusunan RPP sebesar 90 44% dan meningkat pada siklus II sebesar 95 59%. Sedangkan penerapan model Group Investigation pada siklus I sebesar 74 47% dan meningkat pada siklus II sebesar 86 23%. Aktivitas belajar siswa sebesar 42 34% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 64 03%. Hasil belajar siswa sebesar 55 % pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 75 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru atau peneliti lainnya serta kepala sekolah sebaiknya memperhatikan kekurangan yang dipaparkan dalam penelitian ini seperti penggunaan waktu yang cukup lama pengorganisasian kelas dan selalu memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103654

Actions (login required)

View Item View Item