Peningkatan keterampilan menulis melalui pemanfaatan buku yang ada di perpustakaan sekolah siswa kelas V SDN Karangrejo 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Jepi Priyo Tysono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis melalui pemanfaatan buku yang ada di perpustakaan sekolah siswa kelas V SDN Karangrejo 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Jepi Priyo Tysono

Tyasono, Jepi Priyo (2011) Peningkatan keterampilan menulis melalui pemanfaatan buku yang ada di perpustakaan sekolah siswa kelas V SDN Karangrejo 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Jepi Priyo Tysono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kegemaran perpustakaan sekolah keterampilan menulis. Mengajar guru dalam kegiatan keterampilan menulis ringkasan cerita di dalam kelas masih monoton yaitu pembelajaran dilakukan hanya di dalam kelas dan memberikan bacaan yang telah ditentukan oleh guru tanpa meberikan kebebasan siswa untuk memilih bacaan sehingga siswa tidak tertarik dan cenderung bosan dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam menulis ringkasan cerita. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) bagaimanakah pelaksanaan pemanfaatan perputakaan dalam kegemaran keterampilan menulis pada kelas V SDN Karangrejo 02 (2) apakah pemanfaatan perpustkaan sekolah dapat meningkatkan kegemaran keterampilan menulis siswa kelas V SDN Karangrejo 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Data dan sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yang meliputi proses sikap dan hasil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) teknik observasi (2) teknik wawancara (3) teknik tes dan (4) dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa (1) lembar observasi (2) pedoman wawancara (3) lembar tes dan (4) foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pemanfaatan perpustakaan pada kelas V menunjukkan keberhasilan. Hal ini ditunjukkan oleh terpenuhinya semua kriteria dalam prosedur pelaksanaan pembelajaran dengan pemanfaatan perpustakaan. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan adalah 25% pada siklus I adalah 75 % dan pada siklus II adalah 91%. Kesimpulan yang dapat diambil setelah pelaksanaan pembelajaran melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah pembelajaran bahasa indonesia berhasil dilaksanakan karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia. Oleh karena itu disarankan kepada semua pihak yang berkaitan dengan kelas V khususnya maupun pihak lain di bidang pendidikan untuk menerapkan pembelajaran melalui pemanfaatan perpustakaan ini dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103653

Actions (login required)

View Item View Item