Mengubah miskonsepsi IPA melalui model savi pada siswa kelas IV SDN Talangagung 01 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Ony Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengubah miskonsepsi IPA melalui model savi pada siswa kelas IV SDN Talangagung 01 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Ony Krisnawati

Krisnawati, Ony (2011) Mengubah miskonsepsi IPA melalui model savi pada siswa kelas IV SDN Talangagung 01 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Ony Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci miskonsepsi IPA model SAVI Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan telah menjadikan siswa sebagai subjek belajar yang pasif karena aktivitas siswa hanya mendengar penjelasan guru menghafal apa yang didengar mencatat hasil penjelasan guru dan mengerjakan soal yang mengacu pada buku paket atau LKS sehingga aktivitas siswa baik secara fisik maupun intelektual kurang terlatih dalam menemukan fakta konsep dan prinsip dengan sendirinya melalui sebuah percobaan. Aktivitas siswa dalam pembelajaran cenderung pasif. 17 (85%) dari 20 siswa mengalami miskonsepsi tentang sumber energi panas dan sumber energi bunyi. Hasil belajar siswa rata-rata 62. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model SAVI. Keunggulan model SAVI adalah siswa akan lebih aktif dalam belajar karena melibatkan gerak fisik dan intelektual untuk mendapat berbagai keterampilan yang dapat membantu siswa untuk memahami materi dan mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis terhadap masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan konsepsi awal siswa terkait dengan energi panas dan energi bunyi sebelum menggunakan model SAVI 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model SAVI pada pembelajaran IPA kelas IVA 3) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan model SAVI pada pembelajaran IPA kelas IVA 4) mendeskripsikan konsepsi akhir siswa secara ilmiah setelah diterapkan model SAVI pada pembelajaran IPA kelas IVA SDN Talangagung 01 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model SAVI dapat mengubah miskonsepsi siswa meningkatkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan penurunan miskonsepsi siswa yakni 5 siswa (25%) masih mengalami terkait sumber energi panas dan 4 siswa 20% masih mengalami miskonsepsi terkait sumber energi bunyi meningkatnya aktivitas belajar pada siklus I mencapai rata-rata 84 7 dan siklus II mencapai rata-rata 94 42. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dan II. Pada siklus I diperoleh rata-rata 90 70 dan siklus II diperoleh rata-rata 89 37. Penelitian ini menerapkan model SAVI pada materi pokok energi panas dan energi bunyi yang telah berhasil mengubah miskonsepsi siswa meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Jadi peneliti lain dan guru jika ingin mengubah miskonsepsi siswa meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa disarankan menggunakan model SAVI dengan menyesuaikan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan model SAVI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103652

Actions (login required)

View Item View Item