Peningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model cooperative learning tipe stad (Student Teams Achievement Division) siswa kelas IV SDN Ketawanggede 1 Malang / Titik Dwi Fajariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model cooperative learning tipe stad (Student Teams Achievement Division) siswa kelas IV SDN Ketawanggede 1 Malang / Titik Dwi Fajariani

Fajariani, Titik Dwi (2011) Peningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model cooperative learning tipe stad (Student Teams Achievement Division) siswa kelas IV SDN Ketawanggede 1 Malang / Titik Dwi Fajariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif STAD Menulis Narasi hasil belajar Menulis narasi merupakan salah satu kemampuan yang diberikan kepada siswa mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah umum namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu menulis narasi secara benar. Mereka masih kesulitan dalam menyusun kalimat-kalimat menjadi sebuah paragraf yang utuh dan padu siswa kurang paham dengan penggunaan ejaan dan tanda baca dan siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan sebuah kejadian atau peristiwa secara runtut berdasarkan pengalaman. Berdasarkan uraian tersebut peneliti memilih menulis narasi sebagai bahan pertimbangan ini. Salah satu materi dalam menulis narasi sebagai pengalaman pribadi. Untuk itu dalam penelitian ini penulis lebih banyak membahas tentang menulis pengalaman pribadi tujuannya agar siswa dapat menulis narasi dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan 1) penerapan menulis narasi dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD siswa kelas IV SDN Ketawanggede I Malang 2) Peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Ketawanggede 1 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus melalui tahapan-tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Tahapan dalam siklus tersebut dituangkan dalam tiap tahapan proses penulisan yang terdiri dari prapenulisan penulisan dan penyuntingan. Dalam penerapan pelaksanaan tindakan diterapkan tahapan-tahapan model STAD yang terdiri dari presentasi kerja kelompok tes penentuan skor dan penghargaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif kemampuan siswa dalam mengembangkan isi penyusunan kalimat secara runtut dan ketepatan penulisan EYD dalam menulis narasi semakin meningkat dari siklus ke siklus berikutnya Siklus I yang menunjukkan ketuntasan klasikal 61% dan Siklus II yang menunjukkan 95% mengalami ketuntasan menulis. Narasi yang ditulis siswa menjadi lebih baik lengkap susunan paragrafnya beruntun dari kalimat satu ke kalimat yang lain serta pola pengembangan isinya tepat. Peningkatan kemampuan siswa tersebut dilakukan dengan cara menerapkan bentuk-bentuk belajar yang efektif menyenangkan dan saling bekerja sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103651

Actions (login required)

View Item View Item