Pengembangan desain pembelajaran karakter pada mata pelajaran PKn berbasis kitab Ta'limul Muta'alim di SDN Kedungsolo Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo / Layli Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain pembelajaran karakter pada mata pelajaran PKn berbasis kitab Ta'limul Muta'alim di SDN Kedungsolo Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo / Layli Hidayah

Hidayah, Layli (2011) Pengembangan desain pembelajaran karakter pada mata pelajaran PKn berbasis kitab Ta'limul Muta'alim di SDN Kedungsolo Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo / Layli Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Desain pembelajaran karakter kitab Ta limul Muta alim Fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan pada PPL pada bulan September-Oktober 2010 di SDN Kedungsolo kecamatan Porong kabupaten Sidoarjo yakni sikap siswa terhadap gurunya kurang baik berbicara dengan menggunakan bahasa jawa kasar (ngoko) terhadap gurunya misalkan Bu atase sampean gak iso boso jowo ae meminta uang pada gurunya dan membuat bulan-bulanan gurunya misalkan Suit suit Pak Agus pacarae sopo ce . Anak yang seperti itu membutuhkan perbaikan karakter salah satunya yakni dengan memasukkan unsur pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Dalam suatu proses pembelajaran diperlukan suatu desain pembelajaran. Desain tersebut harus mengandung unsur karakter. Salah satu desain tersebut yakni desain pembelajaran karakter berbasis kitab Ta limul Muta alim. Desain pembelajaran karakter berbasis kitab Ta limul Muta alim adalah tata cara yang dipakai untuk melaksanakan proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat petunjuk penggunaan RPP dan bahan pembelajaran yang dipadukan dengan materi yang ada dalam kitab Ta limul Muta alim serta desain pembelajaran ini bisa membentuk karakter siswa. Desain pembelajaran yang dibuat selama ini hanyalah desain pembelajaran yang mengedepankan sisi kognitif tanpa memperhatikan perkembanagan karakter anak. Kitab Ta limul Muta alim yakni kitab karangan Syekh Al-Zanurji yang membahas tentang etika pelajar dalam mencari ilmu. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan desain pembelajaran karakter berbasis kitab Ta limul Muta alim. Skripsi pengembangan ini dilakasanakan dengan tujuan menghasilkan desain pembelajaran karakter untuk SD berdasarkan kitab Ta limul Muta alim yang valid dan mendeskripsikan tingkat kevalidan desain pembelajaran karakter untuk memperbaiki karakter anak. Model pengembangan yang digunakan untuk menyusun desain pembelajaran ini yakni berupa model prosedural. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah untuk menyusun desain pembelajaran ini yakni (1) menemukan mata pelajaran yang terdapat pembentukan sikap anak yakni mata pelajaran PKn (2) merumuskan SK dan KD pada mata pelajaran PKn menjadi indikator dan pengembangan indikator (3) menemukan materi pada kitab Ta limul Muta alim yang didalamnya terdapat materi musyawarah dan menghormati guru (4) menyusun RPP yang berisi (skenario pembelajaran LKS soal evaluasi dan penilaian) (5) membuat bahan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi.ii Berdasarkan hasil pengembangan desain pembelajaran yang divalidasi oleh ahli model dan ahli materi kitab Ta limul Muta alim ahli materi PKn dan audien. data nilai yang diperoleh yakni valid. Setelah desain pembelajaran ini diterapkan saat di lapangan hasil belajar siswa meningkat dan sikap siswa menjadi lebih baik terutama dalam sikap penghormatan kepada guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103649

Actions (login required)

View Item View Item