Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas III SDN Turi 2 kota Blitar / Miftachudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas III SDN Turi 2 kota Blitar / Miftachudin

Miftachudin (2011) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas III SDN Turi 2 kota Blitar / Miftachudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan keterampilan menulis narasi model picture and picture Keterampilan menulis narasi di kelas III SDN Turi 2 Kota Blitar kurang memuaskan yaitu hanya terdapat 12 siswa dari jumlah total 34 siswa yang sudah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa sehingga nilainya juga dapat meningkat. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui model picture and picture. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) pe-rencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Turi 2 Kota Blitar dengan subyek penelitian siswa kelas III. Hasil penelitian pada siklus 1 nilai rata-rata kelas 74 ada 25 siswa yang tuntas belajar dan 9 siswa belum tuntas belajar atau persentase ketuntasan 74%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa 80 ada 32 siswa yang tuntas belajar dan 2 siswa belum tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 94%. Peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan model picture and picture nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 74 meningkat menjadi 81 atau persentase ketuntasan 74% meningkat menjadi 94% pada siklus 2. Dari 11 siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 meningkat menjadi 32 siswa pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis narasi. Untuk itu hendaknya para guru disarankan untuk menerapkan model picture and picture kepada siswa supaya keterampilan menulis siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103648

Actions (login required)

View Item View Item