Meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode simulasi sosial pada siswa kelas V SDN Turi 1 kota Blitar / Devi Dwi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode simulasi sosial pada siswa kelas V SDN Turi 1 kota Blitar / Devi Dwi Wulandari

Wulandari, Devi Dwi (2011) Meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode simulasi sosial pada siswa kelas V SDN Turi 1 kota Blitar / Devi Dwi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PKn hasil belajar metode simulasi sosial Berdasarkan hasil observasi pratindakan di SDN Turi 1 Kota Blitar diketahui bahwa hasil belajar PKn pada pokok bahasan bentuk-bentuk keputusan bersama di kelas V kurang memuaskan yaitu hanya terdapat 6 siswa dari jumlah total 17 siswa yang sudah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya yaitu metode simulasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode simulasi sosial untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Turi 1 Kota Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn melalui metode simulasi sosial pada siswa kelas V SDN Turi 1 Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Turi 1 Kota Blitar dengan subyek penelitian siswa kelas V. Hasil penelitian pada siklus 1 nilai rata-rata kelas 65 ada 11 siswa yang tuntas belajar dan 6 siswa belum tuntas belajar atau persentase ketuntasan 65%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa 76 dan semua siswa tuntas belajar yaitu 17 siswa dengan persentase ketuntasan 100%. Peningkatan hasil penelitian menggunakan metode simulasi sosial yaitu 35% pada pratindakan meningkat menjadi 65% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Nilai rata-rata siswa pada pratindakan 55 meningkat menjadi 65 pada siklus 1 dan menjadi 76 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan bentuk-bentuk keputusan bersama. Untuk itu hendaknya para guru disarankan untuk menerapkan metode simulasi sosial kepada siswa supaya hasil belajar yang diperoleh maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103647

Actions (login required)

View Item View Item