Probowo, Hadi Setio (2011) Peningkatan keterampilan menulis paragraf yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi melalui pembelajaran pengembangan outline pada siswa kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang / Hadi Setio Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci menulis paragraf kohesi koherensi outline SD Pembelajaran menulis paragraf merupakan salahsatu pembelajaran di sekolah dasar peranannya sangat penting. Hal itu dikarenakan kemampuan menulis paragraf merupakan salahsatu dasar kemampuan siswa dalam menulis lanjut. Oleh karena itu pembelajaran menulis paragraf harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin agar hasil yang didapatkan bisa optimal. Kenyataan di lapangan hasil belajar menulis paragraf pada siswa kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang belum sesuai apa yang diharapkan. Hasil penulisan paragraf siswa masih belum memenuhi syarat-syarat paragraf yang baik khususnya syarat kohesi dan koherensinya. Secara umum penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi melalui pembelajaran pengembangan outline pada siswa kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan bentuk penelitian guru sebagai peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pengembangan outline dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi pada siswa kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang. Peningkatan tersebut ditandai dengan (1) telah diterapkannya pembelajaran pengembangan outline dalam menulis paragraf yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi (2) siswa telah menggunakan piranti kohesi dan koherensi dengan baik dalam menulis paragraf melalui pengembangan outline (3) hasil penulisan paragraf siswa sudah memenuhi syarat kohesi dan koherensi (4) jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam menulis paragraf mencapai lebih dari 90 %. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran menulis paragraf melalui pembelajaran pengembangan outline dilakukan dengan a) perumusan tema b) penulisan subtema c) penelaahan subtema d) pengurutan subtema dan e) pengembangan tema dan subtema menjadi paragraf utuh (2) Pembelajaran pengembangan outline dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi pada siswa kelas V SDN Ciptomulyo 1 Malang. Hasil penelitian ini sangat dimungkinkan untuk diterapkan di kelas V sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |