Meningkatkan keterampilan menulis narasi non fiksi melalui model pembelajaran quantum learning siswa kelas IV SDN Sukorejo 3 kota Blitar / Ihda Hasniah Yulisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menulis narasi non fiksi melalui model pembelajaran quantum learning siswa kelas IV SDN Sukorejo 3 kota Blitar / Ihda Hasniah Yulisa

Yulisa, Ihda Hasniah (2011) Meningkatkan keterampilan menulis narasi non fiksi melalui model pembelajaran quantum learning siswa kelas IV SDN Sukorejo 3 kota Blitar / Ihda Hasniah Yulisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci quantum learning keterampilan menulis narasi Hasil observasi awal yang telah dilakukan di SDN Sukorejo 3 kota Blitar mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi diperoleh data bahwa siswa belum menguasai materi menulis karangan narasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran yaitu hanya 33% siswa yang dapat melampaui KKM kelas yaitu 65. Siswa yang lain yaitu 67% belum memenuhi KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi non fiksi siswa kelas IV SDN Sukorejo 3 (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi non fiksi siswa kelas IV SDN Sukorejo 3 kota Blitar dengan model pembelajaran quantum learning. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian bersifat deskripstif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukorejo 3 kota Blitar pada kelas IV dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi non fiksi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan rata-rata prosentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan yaitu 33 % dan meningkat menjadi 67% pada siklus I. Pada siklus II jumlah ini terus meningkat menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model dengan menggunakan model quantum learning dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi non fiksi siswa kelas IV SDN. Sukorejo 3 kota Blitar. Dengan demikian dapat disarankan bagi peneliti bahwa dengan melihat realitas dilapangan tentang pembelajaran selama ini maka untuk ke depannya peneliti berusaha agar tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan guru dan dapat memberikan alternatif model pembelajaran salah satunya model pembelajaran quantum learning. Bagi siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa lebih aktif kreatif dan dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi. Dengan pemberian media yang menarik dan pemutaran musik klasik dapat memberikan suasana belajar yang berbeda kepada siswa. Bagi guru dapat menerapkan model pembelajaran quantum learning sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi non fiksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103642

Actions (login required)

View Item View Item