Hubungan aktivitas membaca verta dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang / Dwi Kurniasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan aktivitas membaca verta dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang / Dwi Kurniasih

Kurniasih, Dwi (2011) Hubungan aktivitas membaca verta dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang / Dwi Kurniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca cerita menulis naras SD Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran aktivitas membaca cerita siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang (2) mengetahui kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang (3) mengetahui hubungan aktivitas membaca cerita dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang. Penelitian ini memilih siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang sebagai populasi dengan jumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa (50%) dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik secara acak. Data aktivitas membaca cerita diambil dengan menggunakan angket sedangkan kemampuan menulis narasi dengan memberikan test. Reliabilitas skala aktivitas membaca cerita 0 811 sedangkan skala kemampuan menulis narasi telah di justifikasi ahli. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan korelasi product moment menggunakan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)sebagian siswa memiliki aktivitas membaca cerita tinggi sebanyak 52 orang (86 7%) (2)sebagian siswa memiliki kemampuan menulis narasi yang tinggi sebanyak 43 orang (71 6%) dan (3)ada hubungan positif dan signifikan aktivitas membaca cerita dengan kemampuan siswa menulis narasi yang berarti semakin tinggi aktivitas membaca semakin tinggi kemampuan siswa dalam menulis narasi sebaliknya semakin rendah aktivitas membaca cerita semakin rendah pula kemampuan meteka menulis narasi (rxy 0 363 dan p 0 004 0 05). Kesimpulanpenelitian ini yaitu didapatkan hubungan positif dan signifikan antara antara aktivitas membaca cerita dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang sebesar rxy 0 363 dengan nilai p 0 004 0 05 (Ho ditolak) yang berarti ada hubungan anatara aktivitas membaca cerita dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103641

Actions (login required)

View Item View Item