Peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui problem based learning (PBL) model polya pada siswa kelas III SDN Binangun 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Ria Nurvitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui problem based learning (PBL) model polya pada siswa kelas III SDN Binangun 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Ria Nurvitasari

Nurvitasari, Ria (2011) Peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui problem based learning (PBL) model polya pada siswa kelas III SDN Binangun 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Ria Nurvitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Pecahan PBL Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas III pada waktu pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut (1) pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan tidak bisa menyampaikan gagasannya (2) penjelasan guru terlalu cepat sehingga kurang dapat dipahami siswa (3) siswa yang ramai di dalam kelas masih cukup banyak dan kurang mendapat perhatian dari guru (4) siswa sangat jarang bertanya pada guru mengenai materi yang belum mereka pahami dan (5) guru kurang memperhatikan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap proses pembelajaran Matematika yang berlangsung diperoleh hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 15 siswa hanya 5 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) atau 8805 60 sedangkan 10 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 60. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Model Polya. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaran penerapan Problem Based Learning (PBL) Model Polya pada materi pecahan kelas III semester 2 di SDN Binangun 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar pecahan melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Model Polya pada siswa kelas III semester 2 di SDN Binangun 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer dan rekan mahasiswa sebagai pengambil foto dalam proses pembelajaran pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL Model Polya tentang pecahan pada kelas III SDN Binangun 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Presentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 33 3% pada siklus I 66 7% dan siklus II adalah 100%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas III SDN Binangun 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar untuk menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Model Polya dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi pecahan agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103638

Actions (login required)

View Item View Item